Sukses

Pulau Wayag di Raja Ampat Jadi Destinasi Wisata Terindah di Dunia

Laman CNN belum lama ini menurunkan artikel tentang tempat-tempat indah di dunia yang 'harus' masuk dalam daftar para pelancong.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya boleh berbangga. Laman CNN belum lama ini menurunkan artikel tentang tempat-tempat indah di dunia yang 'harus' masuk dalam daftar para pelancong. Daftar destinasi itu disusun dengan merangkum pendapat berbagai ahli di bidang masing-masing.

Ada pilot, fotografer wisata, pecinta kereta api hingga pemandu wisata yang semuanya telah berkeliling dunia dan menyampaikan penilaian mereka. Selanjutnya, penilaian para pakar itu dirangkum dalam sebuah artikel berjudul "20 Travel Destinations The Experts Say Not to Miss" yang dipajang di laman CNN pada Mei lalu.

Hasilnya, dari 20 lokasi yang masuk daftar terindah, tiga di antaranya ada di Indonesia. Pulau Wayag di Raja Ampat, Papua Barat adalah juaranya. "Raja Ampat tetap merajai di dunia!" kata Menpar Arief Yahya, bangga.

Berikut ini daftar 20 tempat-tempat terindah di dunia yang dirangkum dari pendapat para ahli:

1. Pulau Wayag

Menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Raja Ampat yang terkenal karena keindahannya, Pulau Wayag memiliki spot yang tak tertandingi. Head of Marketing SeaTrek Sailing Adventures Michael Travers menyebut Wayag sebagai spot yang paling mengagumkan. “Wayag memiliki ratusan karst dan batu kapur berhutan lebat, sehingga teluk terlindungi dengan pantai berpasit putih dan terumbu karang,” ujarnya.

2. Mesir

Negeri yang beribu kota di Kairo ini dikenal kaya akan piramid. Di Mesir pula bisa melihat piramid peninggalan Ramses.

3. Abanotubani di Tbilisi

Abanotubani merupakan kawasan kota tia di Tbilisi, ibu kota Georgia. Di Abanotubani terdapat berbagai bangunan indah yang mencerminkan pertemuan antara budaya Barat dan Timur.

4. Namibia

Alam liarnya mengagumkan. Di Namibia pula ada padang pasir yang langsung bertemu Samudra Atlantik.

5. Kanada

Kebanyakan wisatawan yang mengunjungi Kanada karena ingin menikmati danau-danau yang biru dan pegungungan berselimut salju di Taman Nasional Banff. Namun, pelancong bisa menikmati pemandangan indah di sisi utara Kanada. Yakni menikmati cahaya langit mengagumkan yang dikenal dengan sebutan Aurora Borealis.

6. Minas Gerais di Brazil

Sebenarnya, Minas Gerais merupakan jantung bagi industri pertambangan di Brazil sekaligus ibu kota keuangan Belo Horizonte. Namun, wisatawan di Minas Gerais bisa melihat gurun yang tak tersentuh dan menikmati masakan lezat.

7. Taman Nasional Komodo

Destinasi wisata di Nusa Tenggara Timur ini tidak hanya kondang karena komodonya. Sebab, Taman Nasional Komodo juga menyajikan keindahan luar biasa. Di wilayah Taman Nasional Komodo ada teluk yang tersembunyi dan menjadi tempat bagi lumba-lumba beristirahat pada malam hari. “Tak ada yang seperti tidur di luar di atas kapal dengan suara lumba-lumba di bawahnya,” ujar Eddie Widnall, pendiri Ultimate Indonesia Yachts.

8. Vilanculos, Mozambique

Wilayah di sisi selatan Afrika ini memiliki laut pantai dan laut biru dengan pasir putih. Saat air laut surut, ada garis-garis pasir yang indah.

9. Gletser di Greenland

Musim panas di Greenland menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Ada perbukitan yang terlihat indah, tundra hijau yang menghampar dan margasatwa di mana-mana.

10. Nosara di Costa Rica

Saat ini, Nosara menjadi salah satu surga bagi para peselancar. Lokasinya di Samudra Pasifik.

11. San Francisco

Pakar menyarankan pelancong yang menikmati salah stau kota di California itu menggunakan sepeda untuk menyusuri kawasan pelabuhan. Di San Francisco pula ada Jembatan Golden Gate yang masyhur.

Selanjutnya ditempati lokasi-lokasi lain. Ada Jamaica, Kenya, Pantai Blanchisseuse (Trinidad), Borobudur (Jawa Tengah), India, hingga Hong Kong.

Borobudur menempati posisi ke-14. Laman CNN mengutip Sophie Merchant, editor di LuxuryExplorer.com yang menyebut Borobudur menyajikan pengalaman luar biasa.

Pengunjung bisa menikmati matahari terbit dengan pemandangan gunung berapi yang mengeluarkan asap. “Tempat ini memenuhiku dengan rasa takjub,” ujarnya. 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini