Sukses

6 Langkah Sulap Dapur Jadi Baru Jelang Hari Raya Lebaran

Liputan6.com, Jakarta Menjelang hari raya Lebaran, banyak orang berusaha membenahi rumah, termasuk dapur. Tentu saja, siapa yang tidak mau berkumpul bersama keluarga di suasana baru yakni di rumah dengan tampilan baru.

Hari raya Lebaran identik dengan sajian khas yang berarti dapur akan menjadi sorotan. Dapur menjadi salah satu ruangan paling penting di rumah. Maka tak ada salahnya mulai membenahi rumah dari dapur.

Melansir dari Good Housekeeping, Selasa (6/6/2017), Anda dapat melakukan renovasi dapur sendiri, tanpa bantuan profesional. Ada trik mudah untuk mewujudkan dapur impian Anda.

1. Ubah cat
Lihat dapur Anda sekarang, apa warna catnya? Perubahan warna cat akan membawa perubahan besar pada dapur. Pengaplikasian warna terang akan memberikan nuansa yang berbeda. Tak hanya dinding, Anda juga dapat mengubah warna kabinet atau meja. 

2. Nomori pintu kabinet
Saat akan mengecat ulang pintu kabinet, mungkin Anda akan kesulitan memasangnya kembali. Inilah pentingnya memberi nomor pada pintu sehingga Anda tidak perlu kesulitan saat memasangnya kembali.

3. Alasi dengan plastik
Akan mengecat dinding atau kabinet dapur Anda? Jangan lupa batasi dengan tip perekat supaya cat tidak berceceran. Di bawah kaleng cat, ada baiknya juga Anda membatasinya dengan plastik supaya lebih bersih dan mudah dibersihkan.

4. Selesaikan dengan roller bukan dengan kuas
Kuas memang diperlukan untuk menjangkau sudut-sudut ruangan, tetapi untuk tahap penyelesaian cat, gunakan roller. Sebab, hasilnya akan lebih merata dan rapi.

5. Tes dengan jari
Cat untuk pintu biasanya perlu pemulasan ulang supaya hasilnya optimal. Namun, jangan sampai Anda memulas ulang ketika cat sebelumnya belum kering. Maka hal yang bisa dilakukan adalah menekan cat dengan jari. Jika masih meninggalkan bekas, maka cat belum cukup kering untuk ditambahkan cat selanjutnya.

6. Tambahkan kenop pintu cantik
Ingin tampilan berbeda dari pintu kabinet dapur Anda? Atau Anda merasa pintu kabinet Anda cenderung sulit dibuka? Anda bisa memasang kenop pintu sendiri. Gunakan bor untuk melubangi bagian pintu kabinet yang ingin dipasangi kenop, kemudian pasang kenop sesuai ukuran lubang. 

Artikel Selanjutnya
Lebaran Ketupat, Tradisi Unik Warga Lamongan Ketika Idul Fitri Tiba
Artikel Selanjutnya
Serunya Suasana Mudik Lebaran dalam Diorama