Sukses

Hanya dengan Jerami dan Tanah Liat, Rumah Murah Jadi Kenyataan

Liputan6.com, Jakarta Ternyata jerami dan tanah liat bisa menjadi bahan pembangunan rumah murah yang mudah dibuat. Bahkan dua bahan ini bisa mewujudkan impian, tanpa harus membeli bahan bangunan yang mahal. 

Ide membuat rumah murah dari jerami ini dicetuskan oleh Emily Niehaus. Ia membuat sebuah komunitas yang mengajari masyarakat untuk membuat rumah, menggunakan bahan-bahan sederhana, mulai dari jerami, tanah, dan tanah liat. Pembangunan rumah ini juga melihat aspek ramah lingkungan, sehingga aman bagi masyarakat.

Menurut informasi yang dilansir dari inhabitat.com, Selasa (6/6/2017), pembangunan rumah murah ini sendiri dimulai dari mendirikan pondasi, pembuatan tiang dari kayu, hingga pembuatan atap. Untuk dindingnya sendiri dibuat dari jerami yang sudah dirangkai, dan ditutupi oleh tanah liat di sekelilingnya. Setelah dinding mulai meninggi, baru jendela dan pintu dipasnag.

Desain rumah murah yang digunakan, adalah jenis “passive design” atau desain rumah sederhana. Rumah ini juga dilengkapi dengan sistem listrik tenaga surya hingga sistem pengairan ramah lingkungan. Komunitas ini sendiri berhasil mendirikan 25 rumah yang tersebar di Colorado hingga Arizona, Amerika Serikat.

Artikel Selanjutnya
Ini Penampakan Rumah Warga Sebelum dan Sesudah Dibedah PUPR
Artikel Selanjutnya
Kekeringan, Ibu-Ibu dan Anak Nekat Mencuci di Waduk yang Dalam