Sukses

Ada Penampakan Patung Bunda Maria Berkebaya di Nazaret

Ada patung Bunda Maria berkebaya di Basilica of Annunciation, Nazaret, Israel. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda berencana liburan ke Israel dalam waktu dekat, sempatkan untuk berkunjung ke Basilica of Annunciation yang ada di Nazaret. Di gereja yang dibangun sejak 1969 ini, wisatawan bisa menjumpai koleksi patung keramik Bunda Maria dari Indonesia yang bersanding dengan patung Bunda Maria lainnya dari berbagai negara. Uniknya, patung Bunda Maria asal Indonesia tampil dengan kebaya khas Nusantara.

Ada cerita menarik di balik keberadaan patung Bunda Maria “berkebaya” itu. Bermula dari kelompok kecil peziarah asal Indonesia yang mengunjungi Basilica of Annunciation pada 2004. Mereka menyadari, dari sekian banyak patung Bunda Maria yang terpajang dari berbagai negara, tidak ada satu pun yang berasal dari Indonesia.

Kelompok ini pun kemudian meminta izin kepada pengurus gereja agar diperbolehkan juga membuat patung Bunda Maria versi Indonesia.

Joe Kamdani, seorang peziarah, saat kembali ke Tanah Air langsung menghubungi seniman keramik, F Widayanto, yang juga merupakan sahabatnya, untuk membuatkan patung Bunda Maria yang bercirikan Indonesia. Gagasan ini pun langsung ditanggapi positif oleh Widayanto.



Joe Kamdani, menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Jumat (2/6/2017) mengatakan, “Pengerjaan patung ini membutuhkan waktu lebih dari satu tahun, mulai dari sketsa hingga penyelesaian. Dengan rahmat Tuhan, patung Bunda Maria berkebaya dan berkerudung putih dengan memancarkan wajah damai dan dikelilingi bunga-bunga mawar, akhirnya berdiri di Basilica of Annunciation, di Nazareth.”

Menurut Joe, Indonesia patut berbangga dengan keberadaan patung Bunda Maria asal Indonesia yang bisa bersanding dengan berbagai patung Bunda Maria lainnya dari berbagai negara. Jadi, kapan berkunjung ke Israel?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.