Sukses

6 Manfaat Baik Ngemil Malam Hari yang Tak Selamanya Bikin Gemuk

Dapatkan enam manfaat baik ini bagi Anda yang hobi ngemil di malam hari

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak suka ngemil? Di saat bosan atau mengganjal perut yang kosong, orang pasti suka ngemil.

Nah, bagaimana jadinya kalau doyan ngemil di malam hari? Banyak orang yang beranggapan menikmati kudapan di malam hari bisa bikin gemuk. Benarkah?

Sebuah penelitian seperti melansir dari Menshealth.com menunjukkan ada manfaat dari menikmati kudapan di malam hari. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Memperbesar Otot
Otot kita bisa semakin besar jika sebelum tidur menyantap kudapan yang mengandung protein. Selain itu, mengonsumsi susu 30 menit sebelum tidur juga baik untuk otot.

2. Memperlancar Metabolisme
Sebuah penelitian di Amerika menyimpulkan seseorang akan tetap sehat dengan makan kudapan di malam hari yang mengandung protein dan karbohidrat. Sebab, ia akan memiliki metabolisme yang lebih tinggi di pagi hari. Namun, tetap batasi cemilan yang kita makan.

3. Mengurangi Kelaparan
Mengonsumi camilan sebelum tidur juga bisa menahan lapar di pagi hari dan membuat perut lebih kenyang keesokan harinya.

4. Mengurangi Berat Badan
Sebuah penelitian menunjukkan adanya penyebaran kalori yang teratur di sepanjang hari mampu mengontrol berat badan. Aktivitas ngemil juga mampu meningkatkan metabolisme yang dapat membuat tubuh membakar lemak lebih cepat.

5. Mengendalikan Emosi
Makanan ringan juga mampu mengendalikan perubahan suasana hati atau mood. Menikmati makanan ringan 2-3 jam sebelum makan bisa menahan nafsu makan. Nutrisi juga dapat tersebar merata dan menstabilkan level insulin dan energi tubuh. Keseimbangan ini membuat mood kita menjadi lebih stabil.

6. Menambah Memori
Ngemil juga bisa menambah memori. Hal ini yang ditunjukkan oleh sebuah penelitian. Namun, hanya makanan ringan bergizi yang mampu menambah memori. Hal ini terjadi karena kadar gula darah menurun setelah menyantap makanan yang membuat orang sulit berkonsentrasi sehingga penting ngemil agar lebih konsentrasi.

Jadi, sekarang tak perlu lagi khawatir ngemil di malam hari, kan? Semuanya bisa terkontrol asal tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan.

Lakupon juga punya banyak pilihan voucher restoran dan makanan untuk menemani aktivitas seperti martabak manis, churros, pizza, Japanese street food snack, Taiwan street food snack, kebab, dan lain-lain hingga 60%, klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.