Sukses

Ternyata Inilah Rute Favorit Kereta Api untuk Mudik Lebaran

Beberapa kota yang ada di Pulau Jawa mengalami peningkatan penumpang saat Mudik 2017. Kota apa saja yang jadi favorit pemudik?

Liputan6.com, Jakarta Mudik menjadi momen yang ditunggu setiap menjelang akhir Ramadan. Biasanya satu keluarga bisa kembali pulang kampung, untuk menjalin silaturahmi dengan sanak saudara. Salah satu moda transportasi yang menjadi favorit saat mudik adalah kereta api. Lalu kemana saja para pemudik berangkat, dan kapan terjadi peningkatan arus kereta api?

“Untuk tiket kereta api sendiri, mereka sudah membuka pembelian untuk mudik sejak H-90. Nantinya puncak penjualan tiket kereta api akan terjadi pada H-3 lebaran,” ungkap Gaery Undarsa, Co-Founder and Chief Communication Officer Tiket.com, Selasa (30/5/2017).

Gaery juga menambahkan, ada beberapa rute favorit yang diambil oleh para pemudik pada tahun ini. Dari Stasiun Besar Gambir, arus mudik terbesar adalah menuju Bandung, kemudian ke Cirebon, dan ke Yogyakarta. Bahkan peningkatan juga terlihat ke Semarang, yang sebelumnya tidak terlalu besar.

“Hingga saat ini tiket lebaran sudah habis 90 persen, kecuali ke beberapa rute tidak populer dan kelas eksekutif. Hal yang menarik terjadi pada penjualan yang meningkat signifikan hingga 80 persen, dan peningkatan arus penumpang ke Semarang yang biasanya jarang terlihat,” ujar Gaery.

Kenyamanan menggunakan kereta api sudah menjadi pilihan bagi para pemudik yang akan kembali ke daerahnya, selain harganya lebih murah dibanding dengan pesawat. Apakah Anda siap mudik menggunakan kereta api saat Lebaran tiba?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.