Sukses

Ini Resep Praktis Cara Buat Bakcang untuk Berbuka Puasa

Bakcang merupakan penganan unik dari Tiongkok yang pas untuk berbuka puasa. Ini resep praktisnya.

Liputan6.com, Jakarta Bakcang, penganan yang berasal dari Tiongkok ini telah merayakan hari spesialnya yang jatuh pada tanggal 30 Mei 2017. Tentunya tidak sembarang hari yang ditentukan menjadi Hari Bakcang, karena harus bertepatan dengan Bulan ke 5 hari ke 5 penanggalan Tiongkok. Bagaimana cara membuatnya? Inilah resep praktis cara membuat Bakcang yang lezat.

Untuk membuat penganan Bakcang Isi Daging Sapi, inilah bahan-bahan yang harus dipersiapkan.

Bahan nasi :6 cup beras, cuci bersih tiga kali.3 siung bawang putih halus2 sendok teh garam4 sendok makan minyak goreng1 sendok makan kecap asin800 ml air

Bahan isian daging sapi :750 gram daging sapi cincang2 buah bawang bombay, iris2 sendok makan kecap asin6 sendok makan kecap manis, atau sesuai selera2 sendok teh minyak wijen1 sendok makan garam4 sendok makan gulaGula merah secukupnya1 sendok teh merica bubuk5 butir bawang merah halus4 siung bawang putih halus5 sendok makan minyak goreng untuk menumis1 blok kaldu rasa sapi1 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 2 sendok makan air, sisihkan

Cara membuatnya:1. Campur beras bersih dengan bawang putih, garam, minyak goreng, kecap asin, dan air. Setelah diaduk sempurna, tanak nasi hingga matang, sisihkan.

2. Panaskan wajan yang sudah diisi minyak goreng, masukkan bawang bombay dan aduk hingga layu. Masukkan semua bumbu halus seperti merica, bawang merah dan bawang putih, serta blok kaldu rasa sapi. Masukkan pula garam, gula, dan gula merah, tambah air bersih agar bumbu tidak kering.

3. Masukkan daging sapi cincang dalam wajan, aduk sambil rata. Tambahkan kecap manis sesuai selera, kecap asin, minyak wijen dan penyedap rasa. Kentalkan isian daging dengan tepung maizena yang sudah dicairkan, aduk hingga rata.Isian bacang yang terdiri dari dua bahan sudah selesai dibuat. Saatnya bacang dibungkus dengan daun bambu, sehingga memiliki bentuk segitiga yang khas. Untuk itu, siapkan tali dan daun bambu yang sudah bersih dan direbus agar lentur.

Untuk membungkusnya sendiri tidak terlalu sulit, bentuk daun bambu seperti bentuk kerucut dengan dua ujung menghadap ke atas sama panjang. Isi bagian bawah kerucut dengan nasi, lalu tambah dengan daging, dan tutup kembali dengan nasi.

Gunakan bagian daun yang tersisa untuk menutup bagian atas nasi, rapikan hingga membentuk prisma segitiga. Jangan lupa ikat dengan tali secukupnya di keempat sisi Bakcang, agar kuat. Kelompokkan 6 buah Bacang dalam satu ikatan, dan rebus selama satu jam dengan api sedang, angkat.

Akhirnya bacang sudah bisa dinikmati oleh keluarga. Bila ingin bakcang yang lembut, proses perebusan bisa dilakukan lebih lama. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.