Sukses

Tips Mengenali dan Mengatasi Kulit Berminyak

Sebelum mengatasinya, yuk kenali terlebih dahulu penyebab kulit berminyak.

Liputan6.com, Jakarta Anda punya masalah kulit berminyak? Kulit berminyak memang menjadi masalah kulit utama untuk sebagaian orang. Selain menimbulkan perasaan tidak nyaman, wajah juga terlihat mengkilap dan mempengaruhi makeup yang dipakai. Terkadang untuk beberapa orang, kulit berminyak bisa membuat seseorang kurang percaya diri. Untuk bisa mengatasi kulit berminyak tersebut, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebabnya.

Dilansir dari stylecraze.com, Kamis (2/5/ 2017), berikut beberapa faktor kulit berminyak. 

1. Lingkungan
Lingkungan bisa menjadi penyebab utama kulit berminyak, cuaca yang panas, membuat kulit berkeringat dan berminyak, polusi udara dan kondisi lingkungan lainnya yang dapat memicu kulit menjadi berminyak. Untuk mengatasinya pastikan kamu selalu membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan wajah dan tak lupa untuk melindungi kulit dengan penggunaan produk yang mengandung tabir surya.

2. Genetika
Kulit berminyak juga bisa bersifat turun-temurun. Jika ayah atau ibu Anda memiliki kulit berminyak, kemungkinan Anda akan memilikinya juga.

3. Kosmetik yang berlebihan
Makeup yang tebal dan berlebihan biasa digunakan untuk menutupi jerawat atau noda di wajah, pada saat membersihkannya Anda biasanya akan menggosok kulit dan memberikan tekanan di wajah. Hal ini dapat memicu kulit berminyak. Untuk mengatasinya sebaiknya gunakan toner dengan kualitas baik yang mudah membersihkan sisa makeup.

4. Perubahan hormonal
Perubahan hormon di tubuh kamu sebagian besar bertanggung jawab atas produksi minyak di kulit. Pada wanita, hormon androgen berfluktuasi sepanjang hidup, yaitu pada pra menopause atau selama kehamilan. Hormon ini memghasilkan kelenjar sebaceous yang selanjutnya menghasilkan kulit berminyak.

5. Stres
Pada saat stres, kulit cenderung memproduksi secara berlebih androgen yang mengarah ke kulit berminyak. Selain itu proses diet yang tidak sehat juga bisa menjadi penyebab kulit berminyak.

*Widya Rahmi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.