Sukses

Waspada 5 Pengeluaran Tak Terduga saat Bulan Puasa

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya pahala yang bertambah saat bulan puasa, pengeluaran Anda pun juga akan bertambah. Hal ini disebabkan oleh harga kebutuhan pokok yang naik saat bulan Ramadan, serta banyaknya acara buka puasa yang membuat pengeluaran Anda semakin membengkak.

Menurut DuitPintar.com, ada sederet pengeluaran tambahan lain yang perlu kita waspadai selama bulan puasa. Berikut ini lima di antaranya.

1. Biaya buka puasa di luar
Buka puasa bersama memang penting buat menjaga tali silaturahmi. Tapi bukan lantas semua tawaran buka bersama dapat langsung Anda setujui.
Atau malah Anda sendiri yang membuat jadwal buka puasa hampir setiap hari? Meski punya kartu kredit sehingga dapat diskon, tetap saja kita keluar uang untuk keperluan ini.

2. Biaya bensin lebih mahal
Sudah jadi rahasia umum kalau lalu lintas makin parah macetnya ketika bulan puasa, terutama menjelang waktu berbuka. Bahkan banyak yang sikut-sikutan di jalan hanya demi lebih cepat sampai rumah sepulang kerja.

Karena macet, makin banyak bensin yang menguap percuma di jalan. Mungkin tertarik beralih ke angkutan umum? Coba bandingkan ongkos transportasi menggunakan keduanya. Siapa tahu lebih murah jika memakai alat transportasi umum.

3. Belanja keperluan Lebaran
Biaya belanja bahan pokok mungkin bisa ditekan berkat kebijakan pemerintah. Tapi ada pos keperluan lain selama puasa, yakni serba-serbi Lebaran.

Beli baju, misalnya. Karena ada THR, belanja jadi tidak terkontrol. Keluarga dibelikan baju, celana, sepatu, dan lain-lain. Tanpa sadar uang THR habis, tabungan pun ikut terambil.

Padahal uang THR bisa dialokasikan untuk hal lain yang tidak kalah bermanfaat, misalnya ditabung untuk beli rumah. Ingat, harga rumah makin lama makin mahal.

4. Bagi-bagi THR
Bagi-bagi amplop ketika Lebaran, lumrah dilakukan orang yang sudah bekerja kepada anggota keluarga yang masih kecil. Ini tradisi bagus, tapi bukan berarti kita asal saja dalam bagi-bagi THR. Lihat kemampuan keuangan sendiri dulu. Lalu pilah anggota keluarga yang akan diberikan THR. Sesuaikan nominal dengan usia mereka.

5. Biaya untuk mudik 
Harga tiket mudik Lebaran selalu lebih tinggi ketimbang hari biasa. Bahkan bisa sampai dua kali lipat. Namun biasanya harga yang ditawarkan jauh-jauh hari sebelum Lebaran itu lebih murah. Tiket kereta, misalnya. Ada beberapa harga untuk kategori tempat duduk berbeda. Bila kita pesan lebih awal, bisa dapat harga paling murah. Selanjutnya atur pengeluaran tiap hari supaya tidak melebihi batas itu. Bulan puasa adalah momentum yang tepat untuk mengatur keuangan. Prioritaskan pengeluaran yang penting terlebih dahulu dalam merencanakan rencana keuangan. Bila tidak hati-hati, pengeluaran tambahan saat bulan puasa itu bisa membuat keuangan berantakan.

 

https://www.vidio.com/watch/268320-uangpedia-trik-kelola-keuangan-saat-awal-pernikahan

Artikel Selanjutnya
Anti Kantuk di Mobil Saat Mudik dengan Cara Tak Biasa Ini
Artikel Selanjutnya
4 Trik untuk Mengingat Nama Saudara Saat Mudik