Sukses

Aplikasi Halal Tourism Pesona Lombok Sumbawa Manjakan Wisatawan

Menggandeng Dinas Pariwisata NTB, Telkomsel resmi meluncurkan aplikasi Halal Tourism Pesona Lombok Sumbawa.

Liputan6.com, Lombok Wisatawan asing maupun domestik semakin dimanjakan saat mengunjungi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dengan Menggandeng Dinas Pariwisata NTB, Telkomsel resmi meluncurkan aplikasi Halal Tourism Pesona Lombok Sumbawa di Pendopo Kantor Wakil Gubernur NTB, Kamis (25/5).

Aplikasi Halal Tourism Pesona Lombok Sumbawa merupakan one stop shopping yang dimiliki Dinas Pariwisata Provinsi NTB bekerja sama dengan Telkomsel. Dengan aplikasi itu, masyarakat maupun wisatawan bisa mendapatkan informasi apa pun terkait pariwisata.

Misalnya, keluhan terhadap destinasi yang dikunjungi, kecelakaan, kemacetan atau kondisi yang ada di lokasi pariwisata tersebut.
Masyarakat juga bisa memberikan rating untuk lokasi atau tempat wisata yang dikunjungi sesuai dengan persepsinya masing-masing. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi mengenai seluruh pariwisata yang ada di NTB.

Mulai destinasi objek wisata, termasuk informasi terkait sertifikasi halal di semua merchant yang tergabung dalam aplikasi tersebut. Masyarakat dan wisatawan juga bisa melakukan transaksi serta reservasi di semua merchant yang ada di dalam aplikasi Halal Tourism.

“Dukungan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Telkomsel untuk menyukseskan program pemerintah Provinsi NTB, khususnya Kementerian Pariwisata dengan tema Wonderful Indonesia dan Pesona Lombok-Sumbawa yang kini sudah menjadi salah satu destinasi wisata halal dunia,” kata Ririn Widaryani selaku executive vice president (EVP) Telkomsel area Jawa Bali, Nusra.

Dia menambahkan, Telkomsel kali pertama meluncurkan aplikasi Halal Tourism Pesona Lombok-Sumbawa itu di Lombok.
“Dengan aplikasi ini para wisatawan bisa lebih tenang, nyaman, dan aman ketika menikmati liburan di Lombok, Sumbawa, dan sekitarnya,” kata Ririn.

Menurut Ririn, aplikasi itu dihadirkan untuk mendukung target pemerintah menggaet 20 juta wisatawan.

“Dengan adanya aplikasi ini diharapkan juga dapat memudahkan dan memberi kenyamanan bagi para wisatawan baik lokal maupun internasional untuk mencari informasi terkait destinasi pariwisata, khususnya di wilayah NTB,” ujar Ririn.

Di sisi lain, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin menyambut baik peluncuran aplikasi itu. Karena ini in line dengan spirit Menpar Arief Yahya yang mengelorakan semangat Go Digital be The Best! Di semua lini, Kemenpar sudah menggunakan dashboard digital, yang bekerja secara pintar untuk memantau, mempromosikan, dan membuat pertimbangan dalam mengambil kebijakan cepat.

“Kami apresiasi dukungan Telkomsel dalam memajuan pariwisata NTB melalui teknologi informasi,” kata Amin.

Sementara itu, Kepala Dispar NTB Moh Faozal mengatakan, dukungan Telkomsel itu membuat pihaknya makin optimistis bisa menggaet 3,5 juta wisatawan.

Menurut Faozal, aplikasi itu membuat wisatawan lebih mudah mengetahui berbagai hal tentang lombok. Misalnya, destinasi wisata, tempat ibadah, transportasi, hotel hingga dunia kuliner.

Selain itu, ada juga alamat toko cenderamata serta barang yang dijual. "Aplikasi ini sangat bagus dalam memberi kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke NTB,” kata Faozal.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini