Sukses

Bazaar Ramadan di Surabaya, Warga Bisa Beli Kebutuhan Pokok

Bazaar ramadan di Surabaya yang hadir selama satu bulan, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok para warga.

Liputan6.com, Surabaya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) Arini Pakistianingsih mengatakan, selama bazaar Ramadan kali ini, stok bahan pokok yang disediakan dua kali lipat dengan rincian, beras 15 ton, gula 5 ton, minyak goreng 500 kardus, bawang putih 1 ton, bawang merah 1,5 ton dan cabai 3 kwintal.

"Untuk beras disesuaikan kebutuhan. Bila kurang akan ditambah. Untuk rate harga komoditinya diantaranya beras 5 kg seharga Rp 45 ribu, gula 1 kg seharga Rp 12 ribu dan minyak goreng 1 liter seharga Rp 11 ribu," tutur Arini saat menggelar bazaar Ramadan di kantor kelurahan Dukuh Menanggal XII/6, kecamatan Gayungsari Surabaya, Jumat (26/5/2017).

Adapun tujuan lain dari kegiatan ini agar Pemkot dapat mengintervensi harga bahan pokok guna menanggulangi kenaikan harga bahan pokok dan memberi kesempatan bagi pelaku UKM agar dapat meningkatkan perekonomian.

Nantinya, Disperdagin bersama PD Pasar dan PD RPH juga akan menggelar bazaar Ramadan selama satu bulan penuh bergantian di 10 kecamatan. Ke-10 lokasi bazar tersebut yakni Kecamatan Gayungan (26-28 Mei), Wiyung (29-31 Mei), Terminal Keputih Kecamatan Sukolilo (31 Mei-2 Juni), Sukomanunggal (2-4 Juni), Bulak (5-7 Juni), Benowo (7-9 Juni), Semampir (9-11 Juni), Pakal (12-14 Juni), Tenggilis Mejoyo (15-17 Juni) dan Tandes (17-19 Juni).

"Kami sudah sosialisasi agar masyarakat bisa memanfaatkan agenda ini untuk memenuhi kebutuhan. Apalagi, tidak hanya bahan pokok, tapi juga ada dari produsen dan pelaku UMKM," ucapnya.

Bazaar ramadan di Surabaya yang hadir selama satu bulan, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok para warga.

Sementara itu, warga Surabaya beramai-ramai mendatangi kantor kelurahan Dukuh Menanggal XII/6, kecamatan Gayungsari Surabaya. Mereka membanjiri halaman kantor tersebut untuk membeli kebutuhan bahan pokok selama bulan puasa.

“Bazar Ramadan merupakan kegiatan menarik bagi warga surabaya, sebab harga bahan pokok yang dijual disana sangat murah, menyesusaikan kantong warga. Kegiatan ini bermanfaat bagi kami selaku masyarakat," kata Nurlatifah salah satu warga.

Nurlatifah juga mengatakan bahwa dirinya telah mengetahui kegiatan bazar Ramadan bakal digelar di kecamatan Gayungan. Dirinya bersama sang suami telah membuat list kebutuhan bahan pokok yang akan dibeli selama bulan puasa.

"Saya berbelanja kebutuhan dapur seperti cabai, bawang merah, bawang putih, minyak goreng dan beras 10 kg," ujarnya.

Bazaar Ramadan adalah kegiatan tahunan yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk menekan atau menstabilkan harga kebutuhan pokok jelang bulan puasa. Kegiatan ini juga melibatkan 43 pelaku UKM binaan dan produsen lain dengan masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini