Sukses

Keren, Bekas Tol di Korea Selatan Disulap Jadi Taman

Liputan6.com, Jakarta Tol di Indonesia terkenal sebagai tempat kemacetan yang tiada berujung, tapi lain halnya dengan di Korea Selatan. Sebuah taman sepanjang 983 meter dibangun di atas bekas jalan tol, dan menjadi pusat perhatian baru di Kota Seoul yang tidak pernah tidur. 

Seperti yang diberitakan laman inhabitat.com, Sabtu (27/5/2017), MVRDV sebuah biro arsitektur dari Belanda berhasil mengubah sebuah bekas tol di Seoul, Korea Selatan, menjadi sebuah skygarden. Terletak di atas lalu lintas yang padat, taman ini menyimpan 24 ribu tanaman yang disusun secara apik di sepanjang jalan tol.

Tidak hanya memberikan kesan hijau di kota, taman ini memberikan akses pejalan kaki yang nyaman dan aman bagi seluruh masyarakat. Desain ini akhirnya dinamakan sebagai Seoullo 0717 yang berarti Jalan Seoul dengan kombinasi angka 1970, yang merupakan tahun tol ini beroperasi, dan 2017 saat jalanan ini diperbaiki menjadi ruang publik.

Tol terkenal sebagai tempat kemacetan yang tiada berujung, namun lain halnya dengan di Korea Selatan. (Ossip van Duivenbode)

Selain menjadi taman, tempat ini juga dilengkapi dengan beberapa toko, galeri, teater, hingga restoran. Jalan akses menuju tol ini diubah menjadi tangga sebagai akses ke bagian utama taman. Seluruh tanaman yang ada juga dikelompokkan sesuai dengan huruf Korea, bau, dan warna tanaman. Sehingga para pengunjung akan merasakan berbagai perasaan berbeda ketika melewati taman ini.

Tol terkenal sebagai tempat kemacetan yang tiada berujung, namun lain halnya dengan di Korea Selatan. (Ossip van Duivenbode)

Pemandangan keren juga terlihat saat malam hari, karena tanam di atas jalan ini akan disinari warna biru di sepanjang jalurnya. Dari atas tol ini pengunjung juga dapat melihat Stasiun Seoul yang bersejarah dan Namdaemun Gate yang menjadi salah satu atraksi wisata di ibu kota Korea Selatan ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.