Sukses

5 Alasan Penting Anda Harus Mandi Pagi dengan Air Dingin

Ketahui beberapa manfaat penting dari mandi di pagi hari menggunakan air dingin di sini. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Mandi air dingin di pagi hari rasanya adalah satu kegiatan yang tidak diinginkan oleh semua orang, apakah Anda salah satunya? Jika iya, pernahkah Anda berpikir bahwa mandi pagi menggunakan air dingin ternyata juga menghasilkan manfaat yang baik.

Jika sampai sekarang Anda masih terbiasa mandi pagi menggunakan air panas, dilansir dari purewow.com, Senin (29/5/2017), berikut ini adalah beberapa alasan penting mengapa Anda harus mengubahnya menjadi air dingin. Penasaran?

1. Air dingin di pagi hari lebih baik daripada kafein
Mungkin ini terdengar familiar untuk Anda, bahwa mandi air panas dapat membuat tubuh lemas dan mengantuk. Air dingin dapat melakukan hal sebaliknya pada tubuh Anda.

Temperatur air dingin dapat membuat peningkatan pada denyut jantung Anda, yang juga berarti meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kabar baiknya, air dingin dapat digunakan pada akhir ritual mandi Anda untuk meningkatkan kewaspadaan tubuh sebelum beraktivitas.

2. Menurunkan berat badan
Saat tubuh merasa kedinginan saat mandi, hal ini mengaktifkan lemak cokelat yang berfungsi membakar kalori untuk membuat tubuh merasa hangat. Sebuah studi di Skandinavia menemukan bahwa paparan air dingin dapat meningkatkan metabolisme lemak cokelat sebanyak 15 kali lipat, yang berarti sekaligus dapat membantu Anda menurunkan berat badan sebanyak 9 kilogram dalam setahun.

3. Menyehatkan rambut dan kulit
Air panas dapat membuat kulit Anda terasa sangat kering, sedangkan air dingin justru dapat menenangkan kemerahan, mengurangi bengkak, dan menutup pori-pori untuk mengunci kelembapan. Mandi menggunakan air dingin dapat membuat kulit dan rambut lebih bersinar.

4. Merasa lebih bahagia
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medical Hypotheses menemukan bahwa mandi air dingin dalam waktu dua sampai tiga menit selama dua minggu dapat meningkat suasana hati. Selain itu, para ahli juga menemukan bahwa mandi air dingin dapat digunakan sebagai pengobatan depresi.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sebuah studi yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University menemukan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan jumlah sel darah putih yang berguna untuk melawan penyakit. Hal ini mendukung hasil penelitian di Jerman yang menemukan bahwa orang-orang yang mandi selama dua menit menggunakan air dingin lebih sedikit terkena flu, daripada mereka yang mandi menggunakan air panas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.