Sukses

6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Sebabkan Sakit Gigi

Hati-hati, enam kesalahan saat menyikat gigi ini justru menyebabkan kita sakit gigi. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tujuan sikat gigi adalah mencegah sakit gigi. Namun fakta yang dibeberkan klinik gigi keluarga Axel Dental justru banyak pasien mengeluh sakit gigi karena kesalahan dalam menyikat gigi.

Sebagai rutinitas harian, kesalahan kecil dalam menyikat gigi dapat menyebabkan sakit gigi hingga tumbuhnya bakteri. Bakteri gigi di mulut membawa beberapa penyakit lain seperti kanker pankreas, ginjal, dan lain lain. Sebab itu, yuk, hindari kesalahan saat menyikat gigi berikut ini:

1. Menyikat Gigi Terlalu Sebentar
Tanpa disadari, Anda mungkin tidak pernah menyikat gigi lebih dari dua menit, bahkan parahnya ada yang tidak sampai semenit. Richard H.Price, DMD, penasihat konsumen untuk American Dental Asssociation menyarankan untuk menghabiskan 30 detik di setiap bagian gigi.

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras
Jangan menyamakan sikat gigi dengan membersihkan kerak yang lengket pada punggung panci. Menggosok gigi terlalu keras dapat merusak jaringan gusi yang menyebabkan merosot longgar bahkan dapat memperlihatkan sebagian akar gigi. Mengerikan bukan? Maka dari itu, sikatlah gigi perlahan tanpa memberikan tekanan yang keras.

3. Asal Gosok
Ternyata menyikat gigi tidak boleh asal gosok. Agar proses penyikatan gigi optimal, maka lakukan hal ini. Genggam sikat gigi dan tempatkan dengan sudut pada kepala sikat 45 derajat melawan garis gusi. Sikat dengan sapuan memutar dan pendek. Kemudian gunakan cara yang sama untuk barisan gigi kanan dan kiri, lalu atas dan bawah.

Dilanjutkan dengan sikat gigi bagian depan dengan posisi bulu sikat vertikal dengan gerakan melingkar kecil. Terakhir, sikat lidah Anda untuk mengikis plak yang menempel pada permukaan lidah.

4. Langsung Berkumur Setelah Menyikat
Setelah menyikat gigi, sebaiknya jangan langsung berkumur melainkan ludahkan terlebih dulu busa sikat gigi. Berkumur akan membilas konsentrasi fluorida sehingga dapat mengurangi efek pasta gigi.

5. Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan
Sebaiknya tunggu hingga 30 menit setelah selesai makan. Hal ini dapat berdampak pada kesehatan gigi. Makanan yang mengadung asam seperti lemon dapat melemahkan enamel gigi. Kandungan asam juga dapat menyerang gigi dan menyikat gigi terlalu cepat dapat mempercepat proses pengikisan. Maka Anda pun justru dapat merasakan sakit gigi.

6. Salah Pilih Sikat Gigi
Sebaiknya ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali. Kita tidak akan pernah sadar jika sikat gigi yang dipakai sudah kusut, kasar, dan bulu sikat tidak mengarah ke arah yang benar. Selain melakukan perawatan gigi dasar dengan menyikat gigi yang benar, kita juga harus konsultasi dan melakukan perawatan ke dokter gigi. Dengan perawatan gigi yang tepat, maka kita pun akan terhindar dari sakit gigi.

Berikut ini paket perawatan gigi di Axel Dental Family Care yang bisa Anda nikmati;

Paket A : Konsultasi kawat gigi & pemutihan gigi Rp 20.000 (harga normal Rp 50.000)
Paket B : Konsultasi + scalling + intra oral Rp 80.000 (harga normal Rp 350.000)
Harga spesial diskon 78%, hanya bisa Anda dapatkan di Lakupon, klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.