Sukses

Hobi Traveling? Pilih Kartu Kredit dengan Beragam Fasilitas Ini

Manfaat kartu kredit berikut ini dapat Anda manfaatkan untuk traveling.

Liputan6.com, Jakarta Hobi traveling tapi tidak punya kartu kredit? Jelas rugi. Beragam manfaat kartu kredit bisa menekan anggaran dengan maksimal.

Untuk yang belum tahu, ada sederet jenis kartu kredit berdasarkan fokus manfaatnya. Salah satunya adalah kartu kredit untuk traveling. Manfaatnya beragam, dari diskon tiket pesawat sampai kemudahan transaksi di luar negeri. Jika sudah punya kartu kredit, cek apakah punya manfaat-manfaat itu. Jangan-jangan kartu kredit yang Anda miliki lebih banyak berguna untuk belanja di supermarket saja.

Kalau Anda termasuk yang hobi jalan-jalan, lebih baik tambah kartu kredit atau ganti kartu kredit yang ada dengan kartu kredit khusus untuk traveling.

Sebagai acuan, DuitPintar.com mengulas beberapa fasilitas yang perlu dipertimbangkan saat memilih kartu kredit untuk kebutuhan traveling:

1. Gratis akses airport lounge
Lebih baik datang lebih cepat dan menunggu, ketimbang ketinggalan pesawat. Prinsip ini harus dipegang seorang traveler, apalagi dengan anggaran pas-pasan.

Supaya tidak mati gaya menunggu pesawat, pakai kartu kredit yang menawarkan fasilitas airport lounge gratis. Di lounge bandara itu, kita bisa beristirahat sekaligus meredakan lapar dan dahaga yang melanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ada tambahan bagasi

Titipan oleh-oleh kadang membuat beban saat traveling bertambah. Bukan hanya tambah repot, tapi juga bisa berat di ongkos ketika bagasi melebihi bobot minimal di pesawat.

Umumnya bobot minimal yang diizinkan di bagasi hanya 20 kilogram. Bila lebih dari itu, siap-siap merogoh kocek lebih dalam dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.
Tapi kemungkinan ini bisa dicegah, bila kita punya modal kartu kredit yang menyediakan fasilitas gratis tambahan bagasi. Bagasi ekstra 20 kilogram gratis cukuplah untuk menyenangkan rekan atau keluarga yang menitip oleh-oleh.

3. Point reward atau cash-back untuk transaksi di luar negeri
Meski sudah menyiapkan uang tunai, kadang diperlukan juga transaksi non-tunai di luar negeri. Misalnya saat uang tunai ternyata tidak cukup dan belum sempat ke money changer.

Transaksi non-tunai di luar negeri akan lebih mudah dan menguntungkan bila memakai kartu kredit yang menawarkan fasilitas reward berupa poin atau cash-back.

Poin yang dikumpulkan bisa ditukar dengan barang tertentu di dalam negeri. Sedangkan dana cash-back langsung masuk ke saldo kartu kredit sesuai dengan syarat transaksi.

3 dari 3 halaman

4. Ada air mileage

Berkaitan dengan poin ketiga, reward berupa air mileage juga ditawarkan kartu kredit khusus traveling. Air mileage bisa didapatkan untuk transaksi dalam jumlah tertentu.

Setelah terkumpul, mileage bisa ditukar dengan tiket penerbangan gratis. Sambil memanfaatkan kartu kredit untuk transaksi, bisa sedikit demi sedikit mengumpulkan mileage untuk rencana traveling selanjutnya.

5. Banyak kerja sama dengan situs booking hotel dan tiket pesawat
Bank penerbit kartu kredit kerap bekerja sama dengan merchant untuk menarik nasabah. Rupa kerja sama itu bisa bermacam-macam, dari diskon sampai buy 1 get 1.
Khusus kartu kredit untuk traveling, carilah yang sering mengadakan kerja sama dengan situs booking hotel dan tiket pesawat. Bila ada program itu, kita bisa menghemat biaya perjalanan atau menginap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.