Sukses

Ternyata, Inilah Berkah di Balik Senyum

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasakan senyum membuat perasaan bahagia? Bahkan sebagian orang percaya bahwa senyum bisa menjadi obat terbaik ketika sakit.

Tanpa disadari, tertawa juga bisa memiliki efek kesehatan. Sebagai contoh, saat Anda merasa stres dan gelisah karena hubungan percintaan atau pekerjaan, coba saja Anda menonton film komedi atau melakukan percakapan yang bisa membuat Anda tersenyum. Tanpa disadari hal itu bakal mengurangi stres dan kegelisahan.

Dilansir Boldsky, Sabtu (22/4/2017), ada beberapa manfaat sehat hanya dari senyum. Berikut manfaatnya :

1. Hormon bahagia

Ketika tersenyum, senyawa rasa senang di otak, yaitu serotin dan endorphin, terlepas. Hormon tersebut akan membuat Anda senang, sehingga bisa meredakan sakit.

2. Rileks

Percaya atau tidak, banyak orang membbuktikan bahwa tersenyum maupun tertawa bisa membantu tubuh melepaskan stres. Saat Anda tertawa, otot-otot yang digunakan akan rileks seketika. Hal itu akan terus bertahan sampai 30-45 menit.

3. Menjaga kesehatan paru-paru

Ketika endorphin dilepaskan di otak, hormon seperti kortisol akan berkurang. Anda bisa mengurangi kadar kortisol dengan cara tersenyum dan tertawa.

4. Menyehatkan jantung

Sering tersenyum dan tertawa akan menurunkan tekanan darah, menjaga aliran darah stabil, dan memperbesar fungsi saluran darah. Hal itu dapat membantu Anda mencegah serangan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular lainnnya.

5. Kesehatan mental

Tidak hanya membantu kesehatan fisik, tersenyum dapat menjaga kesehatan mental. Ketika Anda emosi, seperti marah, kesal, dan sedih, tertawa bisa membantu mengusir sifat negatif tersebut.

Manfaat lainnya

Dari penjelasan di atas, bisa dibilang senyum memang memberikan dampak positif bagi kesehatan. Namun, tak hanya itu, senyum juga bisa membawa manfaat lainnya. Salah satunya adalah senyum bisa membawa berkah.

Bagaimana caranya?

Menjelang bulan Ramadan, biasanya bulan ini identik dengan kumpul bersama keluarga. Nah, Asuransi Astra mengajak masyarakat untuk berbagi kebahagiaan dengan memberikan foto senyuman di Instagram pada program #BerkahSenyum.

Jadi, dengan mengikuti kontes ini, Anda bisa ikut beramal serta berbagi kebahagiaan kepada manula yang kebanyakan sebatang kara.

Caranya, Anda foto senyuman terbaik, lalu upload foto tersebut di Instagram dengan caption menarik dan inspiratif. Jangan lupa sertakan tanda pagar #BerkahSenyum dan tag ke @garda.oto.

Satu foto yang Anda upload akan menjadi 1 paket bantuan untuk 1 manula di panti wreda.

Perlu diketahui, kontes foto ini dimulai dari tanggal 22 Mei – 19 Juni 2017. Sebagai hadiah, Asuransi Astra menyediakan paket liburan senilai Rp 8 juta, Xiaomi Mi 5s, dan Xiomi Yi-2 4k serta 100 voucher belanja.

Yuk, ikutan berikan bantuan dengan senyuman.

 

(Adv/Rp)

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: 7 Tanda Hubungan Asmara Bertepuk Sebelah Tangan
Artikel Selanjutnya
6 Cara yang Salah Saat Menggunakan Highlighter