Sukses

Dari Kardus, Berbagai Karya Seni Elegan Ini Hadir Mempesona

Liputan6.com, Jakarta Kardus menjadi salah satu benda multiguna dalam kehidupan. Tapi siapa sangka bila limbah produksi dalam bentuk kardus, bisa dijadikan karya seni dengan sentuhan artistik yang unik? Seperti yang diperlihatkan dalam pameran olahan limbah interior dari Perintis Dinamika Multiniaga (PDM) bertajuk Exploriment pada Jumat, (19/5/2017).

“Salah satu karya kami yang berjudul Dessert Dawn merupakan hasil pemanfaatan dari kardus. Biasanya kardus-kardus ini datang dari kemasan interior yang diimpor dari luar negeri. Akhirnya kami memanfaatkan kardus ini menjadi karya seni bernilai artistik tinggi,” ungkap Erwinn Firmansyah, desainer dan konsultan desain interior PDM ditemui di sela-sela acara. 

Untuk proses pembuatannya sendiri, Erwinn mengaku banyak campur tangan keahlian para pengrajin. Hal ini disebabkan karena penyusunan kardus yang membutuhkan ketelatenan, sehingga menghasilkan karya yang rapi dan memiliki nilai seni tinggi. Erwinn memberikan sketsa dan konsep karya kepada pengrajin, dibantu oleh Irvan, seorang desainer dan pengrajin, untuk menerjemahkan konsepnya.

“Pertama kita akan membuat garis dasar dulu menggunakan plywood 3 milimeter dan membuat desain karya sesuai dengan sketsa. Lalu kardus yang sudah dipotong memanjang akan disusun satu persatu dengan konsisten dalam pola dasar,” ujar Irvan.

Irvan menceritakan, kardus nantinya akan dihaluskan mengunakan amplas agar menghasilkan kontur bergelombang. Karya kardus ini akan makin indah bila dilengkapi dengan pencahayaan yang tepat di berbagai sisi. Sehingga mampu menampilkan pola khas yang tidak akan ditemukan pada karya lainnya.

Tentunya tidak akan ada orang yang tahu, kalau karya seni yang indah ini terbuat dari kardus bila tidak menyentuhnya secara langsung. Apakah Anda terinspirasi untuk membuat karya lainnya dari kardus?

Artikel Selanjutnya
Kala Desainer Jogja Bersatu Bikin Fashion Show di Trotoar
Artikel Selanjutnya
Desainer Ini Bawa Kain Gorontalo Mejeng di New York