Sukses

Tetap Produktif di Kantor Saat Puasa dengan Trik Berikut Ini

Liputan6.com, Jakarta Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan di kantor dan mengabaikan tanggung jawab. Meskipun puasa Anda masih bisa tetap produktif dengan fit dan semangat di kantor. Caranya adalah dengan mengatur menu makan, dan mengatur aktivitas. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan selama puasa sambil bekerja di kantor.

Jaga asupan nutrisi
Agar energi kita tetap terjaga, atur porsi dan menu makanan berbuka dan sahur. Pastikan menu makanan Anda cukup bernutrisi dan lengkap akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan makanan yang termasuk karbohidrat kompleks sehingga proses pencernaan lebih lama dan perut tidak mudah lapar. Jangan lupa minum air putih yang banyak di malam hari, agar Anda tidak dehidrasi saat puasa.

Rencanakan tugas harian Anda
Dengan merencanakan tugas-tugas yang harus Anda kerjakan dalam sehari akan membantu Anda tetap produktif dan fokus. Di pagi hari sebelum memulai aktivitas kantor, tulislah daftar tugas harian Anda. Berpuasa tidak harus menjadi alasan Anda melalaikan tugas di kantor.

Hindari ngerumpi dan bergosip
Kebiasaan bersosialisasi dengan rekan kantor memang bisa mengakrabkan Anda, namun bisa berpotensi membuang-buang waktu. Apalagi bergosip merupakan hal yang bisa merusak pahala ibadah. Energi Anda pun bisa berkurang dengan bergosip. Lebih baik manfaatkan waktu istirahat di kantor dengan membaca buku selama bulan ramadan.

Jangan melakukan aktivitas berat
Selama puasa, energi yang ada dalam tubuh kita menjadi berkurang karena tidak makan dan minum selama beberapa jam. Usahakan tidak melakukan aktivitas berat yang membutuhkan banyak tenaga. Tubuh Anda bisa kelelahan dan akan mengurangi produktivitas Anda di kantor. Jika energi Anda sudah habis, akibatnya tugas-tugas Anda akan terabaikan.

Istirahat dengan tidur siang secukupnya
Jika biasanya jadwal istirahat Anda terpakai untuk mengisi perut, saat berpuasa pakailah jadwal istirahat Anda untuk tidur siang secukupnya. Hal tersebut bisa membantu Anda memulihkan tenaga dan bisa kembali melanjutkan aktivitas di kantor.

Ana Fauziyah

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Cara Tepat Bikin Sate Kambing Makin Lembut
Artikel Selanjutnya
Libur Panjang Tapi Tetap Harus Kerja? Ini 4 Triknya