Sukses

Kenali 7 Bahan Perawatan Kecantikan Alami Paling Populer Saat Ini

Berikut 7 bahan perawatan kecantikan alami yang digemari banyak wanita.

Liputan6.com, Jakarta Selain mencoba tren makeup terbaru, wanita juga kerap tertarik memperhatikan beragam bahan-bahan alami perawatan kecantikan yang populer dan kekinian. Dengan manfaat jitu yang sudah teruji oleh para ahli, baik itu masker kunyit ataupun serum wajah dengan ekstrak jamur, beragam perawatan ini layak untuk Anda coba.

Clay
Clay sangat baik untuk Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak. Tidak hanya itu, menurut Alexia Inge, seorang pakar kecantikan, clay dapat menyerap apapun yang ada pada permukaan kulit Anda seperti spons, dan itu berarti selain menyerap minyak berlebih, clay juga mampu menyerap komedo hingga racun yang mungkin menempel di dalam kulit akibat pengaruh buruk lingkungan seperti polusi.

Walaupun mempunyai kemampuan penyerapan dengan baik, sedimen abu vulkanik ini tidak membuat kulit menjadi kering karena kaya akan kandungan bahan mineral lain yang dibutuhkan kulit. Sehingga kulit tetap lembap dan dapat mendorong fungsi kulit sehingga kulit akan terlihat seakan bercahaya dari dalam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekstrak Jamur

Terinspirasi dari perawatan di negeri gingseng, Korea, ekstrak jamur juga mengandung anti-inflamasi, antioksidan sampai vitamin D. Ekstrak ini dapat melindungi kulit Anda dari pengaruh buruk lingkungan, menahan laju tanda-tanda penuaan hingga meratakan warna kulit. Wah, siapa yang tidak tergoda untuk mencoba dan merasakan manfaat kandungan alami dari bahan pada serum wajah.

Ilustrasi Perawatan Wajah. (iStockphoto)

Soda Kue
Masih dari tren kecantikan di Korea, yang tidak kalah tenar adalah baking soda. Kandungan anti bakteri atau antiseptik, serta anti inflamasi yang terdapat di dalamnya membuat bahan alami ini diunggulkan dalam membantu mencegah jerawat hingga proses membersihkan kulit dengan maksimal.

Campurkan dengan air atau madu kemudian bersihkan wajah seperti biasa, bilas. Dan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pastikan Anda melakukan uji coba pada bagian belakang leher Anda untuk melihat apakah ada alergi sebelum penggunaan.

Minyak biji jinten hitam
Kandungan yang satu ini dipercaya, bahkan digunakan secara turun temurun oleh para wanita Timur tengah. Diekstrak dari biji jinten hitam, minyak yang satu ini memiliki kandungan anti-inflamasi dan terbukti meningkatkan sel-sel kekebalan kulit serta memperkuat kemampuan tubuh untuk menangani sel-sel abnormal. Tak heran, kalau karena kemampuannya ini, minyak ini cocok untuk mereka yang memiliki masalah jerawat sampai eksim.

Kunyit
Lain Timur Tengah, lain juga kandungan perawatan yang diandalkan wanita di India. Nyatanya, kunyit memiliki kandungan anti-oksidan, anti-bakteri dan anti-inflamasi. Dan berita baiknya, kandungan yang satu ini juga aman untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, seperti rosacea atau eksim serta jerawat.

Tidak hanya itu, tidak ada produk yang diperlukan. Cara yang paling efektif adalah menggunakannya langsung dalam perawatan kulit, seperti mencampurnya dengan sedikit madu untuk membuat masker wajah. Anda juga dapat menambahkannya dalam krim malam untuk booster atau mencampurkannya dengan minyak kelapa dan gula untuk scrub tubuh.

3 dari 3 halaman

Madu

Ilustrasi Foto Madu (iStockphoto)
Tak perlu diragukan lagi kemampuan kandungan dari bahan alami yang satu ini. Jika mengkonsumsinya saja dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, apalagi manfaatnya pada produk perawatan kulit. Mengandung anti-inflamasi sekaligus anti-bakteri, madu merupakan bahan yang sempurna untuk menenangkan kulit sensitif, jerawat, sampai perawatan untuk kulit kering karena kandungan kelembapannya yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, madu juga mengandung antioksidan sehingga dapat menahan laju tanda-tanda penuaan sampai membuat wajah terlihat seakan bercahaya.

Charcoal
Khasiat arang yang satu ini memang menakjubkan. Tidak hanya untuk perawatan kecantikan wajah hingga membuat gigi lebih putih, Anda juga dapat menerima manfaatnya dalam mengusir racun yang ada dalam tubuh ini pada minuman kesehatan seperti campuran pada jus untuk detoks alami. Dan karena kemampuan untuk ‘bersih-bersih’ ini, charcoal juga dapat membantu meminimalkan tampilan pori yang biasanya makin terlihat membesar akibat kotoran dan minyak yang menempel di wajah.

Jika Anda sudah merasakan hasilnya, jangan lupa untuk berbagi tips dan pengalaman Anda di media sosial. Dan untuk hasil paling terbaik, pastikan selfie Anda menggunakan aplikasi pintar MakeupPlus dan BeautyPlus yang dapat menyempurnakan tampilan wajah dalam sekejap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini