Sukses

Hati-Hati, Kenali Bahaya Kafein dalam Kopi untuk Tubuh Anda

Rutin minum kopi setiap hari? Hati-hati, kenali bahaya kafein bagi tubuh bila terlalu banyak dikonsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Gemar minum kopi dengan porsi yang cukup banyak setiap hari? Hati-hati, tanpa disadari kandungan kafein yang dikonsumsi secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi tubuh. ]

Dilansir dari Seventeen, Senin (22/5/2017), seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun asal South Carolina baru saja meninggal karena terlalu banyak kafein. Davis Allen meninggal di rumah sakit setelah jatuh pingsan di kelas pada saat proses belajar berlangsung. Tentunya kabar duka ini membuat kaget banyak orang, terlebih Allen dikenal sebagai siswa yang tidak pernah bermain-main dengan narkoba. 

Ilustrasi Secangkir Kopi (iStockphoto)​

Pada tanggal 15 Mei, para ahli medis mengumumkan bahwa Allen meninggal akibat terlalu banyak minum kopi. Sehingga dirinya mengalami gagal jantung. Meski banyak orang yang belum menyadari bahaya dari asupan kafein, sebuah penelitian pada tahun 1994 yang disponsori oleh National Institute on Drug Abuse sudah pernah menyatakan bahwa kecanduan kafein sama dengan kecanduan terhadap rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang lainnya.

Oleh sebab itu, berhati-hatilah bila Anda begitu menyukai kopi atau asupan lain yang mengandung kafein. 

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.