Sukses

5 Cara Sederhana Membersihkan Komputer

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang setiap hari bekerja di depan komputer, mungkin tidak sadar jika komputer yang sering digunakan kotor dan berdebu. Tak jarang juga Anda malas untuk membersihkannya secara rutin. Padahal debu dan kotoran yang menempel tak baik untuk kesehatan.

Dengan cara sederhana yang dilansir dari laman Bright Side, Rabu (24/5/2017) berikut ini, komputer di kantor akan terlihat lebih bersih dan nyaman digunakan untuk bekerja.

1. Bersihkan layar dengan lap khusus

Hindari membersihkan layar komputer dengan menggunakan tisu, karena justru akan membuat layar tergores dan semakin kotor. Lap khusus dari bahan microfiber yang lembut adalah pilihan tepat untuk membuat layar komputer Anda menjadi lebih bersih.

2. Bersihkan kotoran dengan benar

Jangan menggunakan cairan pembersih yang mengandung alkohol seperti amonia atau aseton untuk membersihkan kotoran pada monitor dan keyboard komputer. Cairan yang mengandung alkohol dapat merusak monitor.

Sebaiknya gunakan cara yang lebih alami, misalnya membersihkannya dengan cuka yang telah dicampur air secukupnya.

3. Menghilangkan goresan

Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan goresan pada komputer. Namun pastikan menggunakan pasta gigi yang tidak berbentuk gel dan mengandung pemutih. Caranya mudah, aplikasikan pasta gigi ke bagian goresan dengan menggunakan lap microfiber. Diamkan selama beberapa saat dan bersihkan menggunakan kain kering.

4. Gunakan hair dryer untuk menghilangkan debu

Untuk menghilangkan debu dan kotoran pada keyboard komputer, coba gunakan hair dryer. Namun, yang perlu Anda lakukan sebelum melakukannya adalah mematikan semua kabel sambungan komputer, lalu mulailah membersihkannya dengan hair dryer dalam suhu dingin.

5. Membersihkan sela-sela keyboard dan mouse

Cara mudah untuk membersihkan kotoran di sela-sela keyboard komputer dengan menggunakan pisau roti yang ditutupi dengan kain microfiber. Caranya, campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama, lalu celupkan kain microfiber ke dalam cairan tersebut. Kemudian, mulailah untuk membersihkan sela-sela keyboard dan mouse secara perlahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.