Sukses

Ingin Tatanan Rambut Bertahan Lama? Tata Rambut dengan Trik Ini

Kondisi helaian rambut hingga produk perawatan yang tepat menjadi penentu mampu bertahan tidaknya tatanan rambut. Intip triknya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda ingin rambut terlihat keren dan prima dalam waktu yang lama setiap hari, ada beberapa tips dan trik menarik dari para penata rambut profesional. Dilansir dari redbook.com yuk kita coba agar penampilan terlihat prima dan bertahan sepanjang hari.

Mulai menata rambut saat rambut masih dalam keadaan basah

Jika rambut Anda tebal, mengembang dan teksturnya kasar, usai keramas serap sisa air dengan handuk. Lalu gunakan produk smoothing serum atau smoothing cream ketika rambut masih lembap. Hal ini akan membantu kutikula rambut menutup dan rambut kering akan terasa lebih lembut. Menurut Hadar Lebovitz, penata rambut dari salon AKS, New York, jika tak ada smoothing cream atau smoothing serum Anda dapat menggunakan produk leave-in conditioner.

Campur produk rambut

Terkadang mencampur dua produk rambut yang berbeda membuatnya bekerja lebih efektif. Tim Walace, penata rambut dari New York menyarankan untuk mencampur sedikit hair oil dengan kondisioner untuk menguatkan rambut yang rusak dan menstimulasi akar rambut. Sesudahnya tutupi dengan handuk hangar dan diamkan beberapa menit sebelum dibilas.

Perlakukan rambut dengan lembut

Jika rambut Anda rusak karena proses kimia, perlakukan dengan lembut. Ibarat kain sutera tentunya Anda tak akan memperlakukannya dengan kasar, begitu pula dengan rambut Anda. Saat keramas gunakan air hangat, jangan gunakan air panas karena akan membuat rambut dan kulit kepala kering. Saat mengeringkannya jangan digosok-gosok dengan handuk, tapi cukup diserap airnya dengan menekan handuk ke permukaan rambut. Seminggu sekali, lakukan perawatan menyeluruh di salon untuk mengembalikan kondisi rambut.

Tak lupa, Anda tak perlu keramas setiap hari karena sebenarnya sampo dapat menghilangkan minyak alami di kulit kepala. Cukup keramas 2 kali seminggu, dan gunakan dry sampo di antara waktu keramas, supaya rabut tak terlalu lepek berminyak. Jika harus keramas tiap hari, gunakanlah sampo yang sangat lembut dan tak mengandung sulfate.

Tambah volume rambut dengan proses pewarnaan

Jika rambut Anda tipis dan lemas serta mudah lepek, cobalah mewarnai rambut. Kandungan bleach yang ada pada pewarna rambut akan membuat kutikula rambut sedikit terbuka dan itu membuat rambut lebih mengembang, Selain itu, highlight juga mampu membuat rambut terlihat lebih tebal, karena kontras antara bagian rambut yang gelap dengan rambut berwarna lebih terang menciptakan dimensi.

Tambahkan tekstur rambut

Untuk rambut yang lurus lepek dan licin, tekstur gelombang akan membuat rambut terlihat lebih tebal dan mengembang. Cara termudah adalah dengan menggulung rambut bagian bawah. Saat rambut masih sedikit lembap gunakan mousse atau foam di rambut atau semprotkan volumizing spray pada akar-akar rambut. lalu gulung rambut membentuk bun. Beberapa jam kemudian lepas gulungan dan rambut bergelombang besar gaya beach waves.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.