Sukses

Cara Praktis Siapkan Makanan demi Penuhi Kebutuhan Bulan Ramadan

Alat masak dari Phillips dapat membantu siapkan makanan sehat dan baik untuk sahur maupun berbuka di rumah dalam waktu 30 menit.

Liputan6.com, Jakarta Saat berpuasa di bulan Ramadan, tubuh tidak dapat mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Padahal gizi sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Supaya tetap sehat, Anda perlu mencukupi kebutuhan gizi dengan makanan padat gizi saat sahur dan berbuka. 

Hal ini menjadi tantangan tersendiri karena Anda perlu menyiapkan makanan bergizi dalam waktu singkat. Agar lebih praktis, bantuan alat masak yang tepat sangat dibutuhkan.

Rita Ramayulis, nutrisionis yang telah menulis sejumlah buku tentang gizi, diet untuk berbagai penyakit dan mengatur pola makan yang sehat.

Philips Air Fryer, Fuzzy Logic dan Philips Blender dapat membantu memudahkan ibu atau seluruh anggota keluarga untuk dapat mempersiapkan makanan sehat baik untuk sahur maupun berbuka di rumah dalam waktu 30 menit.

“Pada prinsipnya, puasa memberikan kesempatan kita untuk hidup sehat. Berpuasa memungkinkan tubuh mengalami proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh secara alami. Namun manfaat berpuasa tidak akan maksimal jika asupan makanan saat sahur, berbuka dan ketika makan malam tidak diperhatikan,” kata Rita Ramayulis melalui rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (16/5/2017).

Ia menambahkan, saat bulan Ramadan, meskipun kegiatan tetap sama seperti hari-hari biasa, kebutuhan energi menjadi lebih sedikit. Hal tersebut karena efek puasa yang secara otomatis membuat tubuh melakukan penghematan energi.

"Tubuh akan beradaptasi di mana penggunaan energi untuk tubuh bekerja akan menurun dibanding jika seseorang sedang tidak berpuasa. Karena perubahan tersebut, konsumsi makanan perlu diatur, makanan harus tetap seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, air, serta serat sesuai dengan kebutuhan kalori masing-masing, dan menghindari makanan dengan kalori tinggi dan yang menyebabkan dehidrasi karena akan mengganggu metabolisme tubuh untuk detoksifikasi," ujar Rita.

Yongky Sentosa, Head of Personal Health Philips Indonesia, mengatakan, peralatan dapur inovatif Philips memungkinkan bagi ibu dan seluruh anggota keluarga untuk dapat menyiapkan makanan sehat dengan cara yang mudah dan praktis, khususnya saat berpuasa di Bulan Ramadan ketika setiap orang harus menjaga stamina agar tetap sehat. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.