Sukses

Inilah Kado Spesial Ulang Tahun Pertama Badak Sumatera Delilah

Liputan6.com, Jakarta Delilah, Badak Sumatera yang kini genap berusia satu tahun ini telah menjadi perhatian dunia. Untuk merayakannya, Tim Badak bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan kampanye #KadoUntukDelilah, selama satu tahun ke depan dengan berbagai kegiatan online dan offline yang menggembirakan. Kegiatan ini sendiri diluncurkan di Gedung Manggala, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada Selasa (16/5/2017).

“Kampanye Kado Untuk Delilah nantinya akan diarahkan untuk menyampaikan cerita tetang Delilah, dan upaya apa saja untuk menyelamatkan Badak Sumatera. Nantinya akan hadir beragam kegiatan online dan offline yang akan mengajak masyarakat untuk melestarikan badak,” ungkap Noviar Andayani, Country Director Indonesian Program, Wildlife Conservation Society.

Badak Sumatera sendiri merupakan spesies hewan mamalia darat yang paling terancam punah di dunia. Setelah punahnya Badak Sumatera di dataran Vietnam pada tahun 2008, dan di Malaysia pada tahun 2015, Indonesia menjadi tempat terakhir habitat Badak Sumatera yang tersisa di dunia.

Berbagai upaya akhirnya dilakukan untuk menjaga dan menyelamatkan Badak Sumatera melalui proses konservasi dan pengembangbiakan yang dibantu oleh manusia. Akhirnya setelah 124 tahun menanti, lahirlah Delilah, seekor Badak Sumatera betina pada 12 Mei 2016. Nama Delilah sendiri diberikan oleh Presiden Joko Widodo saat meresmikan Taman Nasional Way Kambas sebagai Taman Warisan Asean di Juli 2016

“Delilah sendiri memiliki arti yang sangat dalam. Berasal dari bahasa Jawa, Delallah, atau pemberian Allah. Diharapkan Delilah mampu menjadi indukan yang baik dan dapat melanjutkan keturunan Badak Sumatera,” ungkap ungkap Bambang Danohaji, Dirjen Konservasi SDA dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Badak Sumatera Delilah sendiri kini memiliki akun sosial media yang menceritakan kehidupan sehari-hari di Suaka Rhino Sumatera, Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Bersama Ibunya, Ratu, Delilah senang mandi lumpur, dan makan semak belukar. Diperkirakan, berat Delilah sendiri bisa mencapai kurang dari 1 ton dan siap melahirkan anak-anaknya sekitar umur 6 hingga 7 tahun. Selamat ulang tahun Delilah! 

Artikel Selanjutnya
UNIQLO Luncurkan Koleksi UT Musim Dingin 2017
Artikel Selanjutnya
Amora Ultah Ke-6, Krisdayanti Hanya Siapkan Nasi Tumpeng?