Sukses

Ingin Meraih Karier Impian? Lakukan Beberapa Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Mimpi hampir setiap orang ketika lulus kuliah adalah memiliki pekerjaan dan karier yang sesuai dengan minat dan bakat. Baik itu bekerja di perusahaan multinasional yang besar, mengabdikan diri untuk masyarakat atau memulai usaha sendiri.

Dilansir dari Cosmopolitan, Jumat (19/05/2017), seorang motivator sekaligus penulis buku Emilie Wapnick menjelaskan, Anda tidak harus selalu fokus pada satu jenjang karier.

Di dalam bukunya yang berjudul "How to Be Everything", Wapnick mencoba memberikan panduan bagi orang-orang yang belum tahu apa yang benar-benar mereka inginkan. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki sifat “Multipotentialites”, yaitu sebuah istilah dalam dunia psikologi yang mengacu pada orang-orang yang mampu bekerja pada banyak bidang.

Biasanya mereka akan penasaran dan sangat bersemangat dengan hal-hal yang baru meskipun mereka tidak terlalu terampil pada bidang tersebut. Untuk itu Wapnick mengingatkan agar Anda tidak terjebak dalam situasi tersebut, sehingga pada akhirnya Anda mampu melakukan suatu pekerjaan yang Anda senangi.

Untuk itu Wapnick mengusulkan empat model kerja berikut, yang dapat membantu menemukan kesuksesan karier Anda.

Grup hug
Apabila Anda seorang pencari kerja yang memprioritaskan uang, maka model ini sangat cocok untuk dilakukan. Ada bisa mencari pekerjaan yang menyediakan variasi dalam fungsi kerja, sehingga tidak memiliki kecenderungan untuk bosan melakukannya dan dengan gaji yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

1 dari 3 halaman

Slash

Apabila Anda memiliki lebih dari satu keahlian, memilih pekerjaan paruh waktu bisa menjadi sebuah alternatif agar Anda tidak bosan hanya terfokus pada satu pekerjaan saja. Yang paling penting, keterampilan Anda yang lain juga bisa disalurkan dan semakin terasah.

Einstein
Jika Anda ingin mendapatkan pendapatan yang baik dan tidak ingin menghabiskan semua energi, maka Anda bisa mencoba pekerjaan paruh waktu dengan bayaran yang lumayan.

Gunakan keterampilan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang menyenangkan dan tidak terlalu menghabiskan banyak waktu. Sehingga Anda masih memiliki banyak waktu untuk bersenang-senang dan berinteraksi dengan orang lain. Tentunya pekerjaan ini tidak cocok dengan Anda yang memiliki tujuan utama terhadap uang ya.

2 dari 3 halaman

Phoenix

Apabila tertarik dengan dunia bisnis, Anda bisa menjelajahi sebuah industri selama berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun, sehingga Anda bisa mempelajari banyak hal sebelum terjun pada usaha yang akan dikembangkan.

Wapnick juga menekankan seseorang tidak harus terpaku pada sebuah metode. Karena tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk mencampur dan mencocokkan beberapa metode dengan karakter dan keahlian masing-masing. Yang perlu diingat adalah tujuan untuk mendapatkan karier tersebut. Apakah untuk uang atau hanya sekadar hasrat dan hobi?

*(Latifah Gusri)

 

Artikel Selanjutnya
Mourinho Malas Pikirkan Masalah Kontraknya di MU
Artikel Selanjutnya
Kesuksesan Gadis Ini Dimulai dari Mimpi Besar