Sukses

6 Tips Praktis Siapkan Perjalanan untuk Bisnis

Untuk yang pertama kali menjalankan rutinitas perjalanan bisnis ada beberapa tips yang perlu diketahui agar bisa beradaptasi di tempat baru.

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan bisnis memang menyenangkan. Pasalnya, di sela-sela waktu kosong, Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk traveling, mengunjungi tempat wisata atau sekadar berbelanja di sebuah pusat perbelanjaan ternama.

Perjalanan bisnis kini sudah hal yang biasa. Sarapan pagi di Jakarta, makan siang di Surabaya, hingga makan malam pun sudah terbang ke Singapura dengan menggunakan pesawat. Bukan hal yang mustahil dalam satu hari berada di dua negara yang berbeda demi urusan bisnis.

Namun demikian, bukan berarti perjalan bisnis itu sepenuhnya menyenangkan. Untuk yang pertama kali menjalankan rutinitas perjalanan bisnis ada beberapa tips yang perlu diketahui agar bisa beradaptasi dengan kehidupan yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

1. Buat daftar bawaan

Jangan selalu andalkan barang-barang pribadi seperti toiletries. Tidak semua hotel menyediakan barang-barang pribadi yang Anda butuhkan. Meskipun terlihat sepele, sangat penting untuk menjaga kesehatan pribadi dengan membawa toiletries yang bisa digunakan sehari-hari.

Pastikan semua barang-barang kecil ini tidak ketinggalan. Agar semua barang yang hendak dibawa lengkap, buatlah daftar barang bawaan. Biasanya bagi pria, membuat daftar bawaan seperti ini merupakan hal yang sering terlewatkan. Padahal kesuksesan perjalanan bisnis ditentukan juga dengan perasaan tenang karena tidak ada barang yang ketinggalan.

2. Pilih bagasi kabin

Gunakan travel bag yang diizinkan masuk ke dalam kabin pesawat sehingga tak perlu repot menyimpannya di bagasi pesawat. Ukuran koper atau tas yang diizinkan masuk ke kabin pesawat tidak lebih dari ukuran 56cm x 36cm x 23 cm.

Penumpang boleh membawa dua tas ke dalam kabin pesawat. Satu tas untuk menyimpan barang berharga dan tas lainnya untuk menyimpan pakaian hingga kebutuhan pribadi lainnya. Pastikan keduanya bisa dibawa ke dalam kabin pesawat. Selain bisa hemat waktu, Anda juga tak perlu menunggu tas saat tiba di bandara tujuan.

3. Siapkan semua identitas sebelum check in

Identitas diri seperti KTP dan nomor reservasi tiket pesawat sudah harus disiapkan sebelum melakukan check in. Saat sebelum melewati pemeriksaan sinar X, Anda juga akan diminta untuk melepaskan semua barang berbahan logam.

Gunakan tas kecil untuk menyimpan barang-barang yang hendak digunakan kembali selepas pemeriksaan sinar X seperti jam tangan, ikat pinggang, ponsel hingga dompet. Jangan sampai, Anda baru merapikan barang tersebut sesaat sebelum masuk ke pemeriksaan sinar X. Selain membuat lama antrian, juga terdapat risiko barang berharga jatuh atau tertahan saat pemeriksaan.

4. Bawa bantal untuk traveling

Bagi para pebisnis yang memiliki jam terbang tinggi, perjalanan dengan pesawat terbang bisa dimanfaatkan sebagai waktu istirahat. Tidak ada salahnya menyiapkan bantal khusus traveling. Bahkan kini suda ada bantal traveling yang bisa ditiup seperti pelampung. Saat tidak digunakan, bantal travel bisa dikempiskan dan dimasukkan ke dalam tas tanpa harus menambah ruang lebih.

5. Ikuti program travel

Banyak tersedia program travel yang disediakan oleh maskapai penerbangan hingga beberapa hotel tempat menginap. Dengan mengumpulkan poin, Anda bisa mendapatkan diskon tiket pesawat bahkan tiket pesawat gratis dari akumulasi poin yang berhasil dikumpulkan.

6. Install aplikasi Reservasi tiket pesawat

Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, pemesanan tiket pesawat tentunya akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Reservasi.com. Anda bisa mengunduhnya di Google Play untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Jangan khawatir tidak bisa mengunduh, karena dengan menggunakan aplikasi percakapan instan BlackBerry Messenger pun Anda bisa melakukan pemesanan tiket pesawat melalui BBM Travel tanpa harus mengunduh aplikasi lain.



(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.