Sukses

Berikut Kiat Jitu Memilih Kartu Kredit yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kartu kredit rasanya sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi penghuni kota besar seperti Jakarta. Kartu sakti ini menawarkan banyak manfaat dan keuntungan dalam transaksi pembayaran. Tidak hanya untuk belanja, kartu kredit juga mempermudah pembayaran tagihan rutin bulanan, sampai mendukung aktivitas jalan-jalan.Tidak heran kalau jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Untuk Anda yang masih bingung memilih kartu kredit yang tepat untuk dimiliki ada beberapa tips jitu dari DuitPintar.com yang harus Anda cermati, karena tidak semua kartu kredit cocok untuk Anda.

1. Limit kecil
Untuk kartu kredit pertama, disarankan Anda mencari yang limitnya kecil. Kira-kira Rp 3 juta juga sudah cukup untuk belajar mengelola keuangan menggunakan kartu kredit.

Bila limit yang ada terlalu besar, bisa jadi penggunaan Anda tidak terkontrol karena "silau" akan manfaat kartu kredit. Gesek sana, gesek sini, tarik tunai, dan seterusnya.

Hal ini bisa diantisipasi dengan kartu kredit limit kecil. Sebab setelah mencapai limit, kartu kredit tak bisa digunakan hingga tagihan datang. Bahkan beberapa bank penerbit menerapkan denda jika limit terlewati.

2. Bebas iuran tahunan pertama
Dalam kartu kredit, ada yang namanya iuran tahunan. Bagi yang mencari kartu kredit pertama, pilih yang bebas iuran setidaknya pada tahun pertama.

Meski jumlah iuran hanya ratusan ribu rupiah dan ditarik sekali setahun, angka itu tetaplah berupa uang yang penting buat kita. Kartu kredit bebas iuran tahunan juga penting jika sewaktu-waktu kita ingin mengganti kartu kredit karena merasa tidak cocok dengan kebutuhan.

3. Syarat mudah
Agar tidak trauma ditolak saat mengajukan kartu kredit pertama, cari yang persyaratannya mudah. Misalnya batas minimal gaji kecil dan bisa melakukan aplikasi via online.

4. Sesuai dengan kebutuhan
Sejatinya, bukan hanya kartu kredit pertama yang harus sesuai dengan kebutuhan. Artinya, ketika mencari kartu kredit, kita harus melihat dulu apa kebutuhan kita.

Misalnya, kita rutin belanja barang kebutuhan rumah tangga di supermarket A. Maka, carilah kartu kredit yang punya kerja sama dengan supermarket tersebut.

Hasil kerja sama itu bisa berupa diskon, reward, atau fasilitas lain yang diperuntukkan bagi pemegang kartu. Kartu kredit di tangan, belanja bulanan pun ringan.

Apa pun pilihan kartu kredit pertama kita, jangan lupa. Tanggung jawab adalah faktor penting untuk mereguk manfaat kartu kredit sepenuhnya.

Tanpa tanggung jawab, jangan harap bisa menikmati manfaat kartu kredit. Bisa-bisa malah terbelit utang lantaran tidak sanggup memegang hak istimewa sebagai pemilik kartu kredit.

 

Artikel Selanjutnya
Tujuh Cara Jitu Menjual Mobil Bekas Secara Online
Artikel Selanjutnya
Ini Situasi Saat Anda Butuh Kartu Kredit untuk Transaksi Belanja