Sukses

Rutin Konsumsi 6 Jenis Makanan Ini untuk Kulit Cantik Luar Dalam

Yuk, konsumsi enam jenis makanan ini untuk kulit sehat dan cantik luar dalam.

Liputan6.com, Jakarta Banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui efek makanan pada kulit tubuh. Tentu saja semua orang menginginkan kulitnya kenyal, cerah, dan sehat, tapi adakah cara yang tepat untuk mendapatkannya?

Menurut Dr Helen Knaggs, PhD, Wakil Presiden Penelitian dan Pengembangan Nu Skin menyatakan kulit adalah organ tubuh terbesar manusia. Sama dengan organ lainnya, kesehatan kulit tergantung pada apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh.

Dilansir dari popsugar.com, Senin (15/5/2017), berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang harus dikonsumsi agar kulit Anda cerah dan sehat.

1. Asam lemak Omega 3
Makanan seperti minyak biji rami, salmon, benih chia, kedelai, dan bayam. Omega 3 dapat memerangi peradangan yang seringkali menyebabkan jerawat pada kulit. Selain itu, Omega 3 juga dianggap sebagai nutrisi yang paling penting untuk mendapatkan kulit cerah.

2. Antioksidan
Makanan seperti goji berry, blueberry, dark chocolate, pecan, dan artichoke. Antioksidan adalah kunci dari detoksifikasi yang mencegah munculnya jerawat dengan membatasi produksi radikal bebas yang bisa merusak sel kulit dan kolagen. Selain itu, antioksidan juga melindungi kulit dengan menghalangi racun agar tidak masuk lebih dalam dari lapisan dermal.

3. Vitamin A
Makanan seperti ubi jalar, wortel, daun hijau, squash, dan apricot. Vitamin A juga sangat penting untuk produksi sel kulit sehat dan melindunginya dari infeksi. Selain itu, vitamin Anda juga dapat memperkuat penghalang kulit dari iritasi yang menyebabkan jerawat, serta memerangi androgen yang menyebabkan kulit berminyak.

4. Vitamin C
Makanan seperti jeruk, cabai merah, kale, brussel, dan brokoli. Vitamin C ampuh untuk merawat kulit Anda. Vitamin C dapat membantu kulit melawan radikal bebas, memudarkan kemerahan, dan memproduksi kolagen, agar menghasilkan kulit baru dan memudarkan bekas jerawat.

5. Vitamin E
Makanan seperti almond, daun hijau, alpukat, brokoli, dan zaitun. Vitamin E juga dapat menghilangkan bekas jerawat, memudarkan bekas luka, dan bintik hitam. Selain itu, vitamin E juga mudah larut dalam lemak dan melindunginya dari oksidasi.

6. Air
Meski air secara teknis tidak termasuk ke dalam makanan, penting untuk menjaga kelembapan kulit agar bersih dan cerah. Asupan air yang tidak mencukupi bisa menyebabkan kulit kering, sehingga membatasi hidrasi vital. Air juga dapat menyembuhkan jerawat, melindungi kulit dari racun berbahaya, dan membuat kulit cerah.

Apa yang harus dihindari?
Dua hal yang benar-benar harus Anda hindari adalah gula dan alkohol. Gula termasuk dalam karbohidrat glikemik tinggi yang dapat memicu peradangan. Selain itu, alkohol juga bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi, menghalangi kulit untuk menjadi sehat dan cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.