Sukses

Lakukan 6 Kebiasaan Ini Agar Otak Selalu Terjaga Kondisinya

Ingin menjaga kondisi otak agar tetap prima dan sehat? Lakukan 6 hal kebiasaan ini.

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan pertambahan usia tidak hanya tubuh yang mengalami perubahan, otak Anda juga akan mengalami penuaan. Hal ini dapat dipicu oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah kebiasaan harian.

Kecenderungan otak mengerjakan suatu pekerjaan yang sama setiap harinya akan mempengaruhi kondisi otak.

Orang-orang dewasa akan fokus pada karier dan bidang keahlian tertentu. Dilansir dari Health, Kamis (11/05/2017), seorang asisten profesor di University of California Riverside, Rachel Wu, PhD, menyebutkan bahwa, layaknya seperti anak-anak, membantu orang dewasa untuk mengembangkan bakat dan hobi baru akan sangat efektif membantu otak bertahan lebih lama serta menunda atau memperlambat penurunan kognitif terkait usia.

Berikut 6 kebiasaan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memori kerja dan menghambat penuaan pada otak.

Berusaha keluar dari zona nyaman


Umumnya orang dewasa akan menggunakan keterampilan yang sama dalam pekerjaan setiap hari. Bahkan tidak jarang rute perjalan yang ditempuh untuk menuju tempat kerja juga sama. Tapi tahukah Anda ternyata kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat membatasi kemampuan otak.

Untuk itu mulailah mempelajari dan melatih keterampilan baru dan belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Melakukan sesuatu yang baru dan menantang akan bermanfaat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temukan instruktur

Apabila Anda sulit untuk melakukan suatu keterampilan dengan sendiri, maka tidak ada salahnya untuk mencari instruktur yang akan mengajarkan Anda banyak hal. Seperti instruktur olahraga, menjahit, memasak atau bahkan berkebun. Karena dengan berinteraksi dengan mereka akan membuat otak Anda akan terus berkembang dengan baik.

Percaya diri


Kebiasaan menanamkan rasa percaya diri pada diri sendiri sangat penting untuk ditanamkan. Mengabaikan orang-orang yang tidak percaya pada proses yang Anda lakukan dan mendorong diri sendiri untuk mempercayai bahwa dapat melakukan sesuatu yang baru dengan latihan dan kerja keras

Berada di sekitar orang-orang yang semangat


Tidak hanya keyakinan diri, ternyata berada di lingkungan positif yang selalu memberi Anda dukungan akan membantu mencegah penuaan pada otak.

3 dari 3 halaman

Komitmen dan pantang menyerah

Pantang menyerah dan bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu yang dikerjakan akan membuat Anda lebih baik. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberi tahu orang-orang terdekat mengenai keterampilan baru yang sedang ingin Anda pelajari sehingga akan membuat Anda terus termotivasi untuk melakukannya.

Pelajari Lebih dari satu keterampilan sekaligus


Kecenderungan seseorang untuk lebih optimal pada satu bidang, akan membuat otak mereka lebih cepat menua dibandingkan dengan mereka yang mempelajari sesuatu yang berbeda sekaligus.

Anda bisa melatih untuk melakukan suatu keterampilan baru secara bertahap. Misalnya tahun ini Anda ingin memiliki keterampilan menyanyi maka di tahun depan Anda bisa menambahkan ketrampilan dengan mempelajari olahraga memanah dan seterusnya.

*(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.