Sukses

5 Mahasiswa Ini Ciptakan Masker Organik yang Aman untuk Kulit

Kelima mahasiswa dari Universitas Brawijaya mencari solusi yang tepat dengan menciptakan sebuah masker yang aman bagi kulit wajah.

Liputan6.com, Jakarta Kulit wajah merupakan bagian tubuh yang paling sensitif sehingga perlu perawatan khusus agar tetap tampil cantik. Berbagai masalah kulit wajah yang timbul seperti jerawat, flek hitam, kulit kusam, kulit kering dan kerutan kerap kali mengganggu penampilan. Untuk itu, Anda perlu secara rutin merawat kulit wajah setiap hari.

Seiring perkembangan zaman, banyak produk skin care yang dipercaya dapat mempercantik kulit wajah dan tak sedikit pula yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti merkuri dan hidrokinon. Oleh karena hal tersebut, lima mahasiswa dari Universitas Brawijaya mencari solusi yang tepat dengan menciptakan sebuah masker yang aman bagi kulit wajah.

Khutsyatur Rohmah, Zahratul A’eni, Didik Hamonangan Nasution, Moh. Dwi Hariyono, dan Dinda Rosalita Asmara di bawah bimbingan Firman Jaya, S.Pt., MP., adalah kelima mahasiswa yang membuat program PORGA (Peel-Off Organic), sebuah inovasi masker peel-off organik yang terbuat dari bahan VCO (Virgin Coconut Oil) dan Kefir dalam gagasan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKM-PE).

Masker peel-off merupakan masker wajah dengan bahan dasar polyvinyl alcohol (PVA) yang diformulasikan dengan bahan lain sehingga akan mengering dan membentuk lapisan film saat diaplikasikan pada wajah. Masker ini juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati, residu dan zat-zat lain yang mengendap pada kulit wajah. Kulit wajah Anda pun akan terlihat lebih lembap, kencang dan bebas permasalahn kulit seperti jerawat, flek hitam dan keriput.

PORGA menggunakan bahan yang aman dan alami seperti VCO dan kefir. Kefir merupakan fermentasi susu kambing atau domba yang memiliki banyak manfaat, seperti mengandung anti-oksidan alami yang dapat menjaga kulit agar tetap muda dan cerah. Sementara VCO merupakan minyak alami berkualitas tinggi yang diperoleh dari santan kelapa segar. Kandungan asam lemak dalam VCO dapat berfungsi melembutkan, melembapkan serta mempercepat penyembuhan kulit.

Menurut Khutsyiatur, dari hasil penelitian bersama keempat rekannya, masker PORGA ini mampu menghambat dan membunuh bakteri penyebab jerawat serta dapat berfungsi sebagai pelembut wajah sekaligus mencegah terjadinya bercak pada kulit wajah karena proses penuaan. Selain itu, masker PORGA juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.