Sukses

6 Trik Cuci Sneakers Layaknya Profesional

Mencuci sneakers memang susah-susah gampang. Ini triknya supaya Anda dapat mencucinya layaknya seorang profesional.

Liputan6.com, Jakarta Mencuci sneakers memang susah-susah gampang. Tidak seperti mencuci baju sehari-hari yang hanya tinggal dimasukkan ke air sabun, kucek, dan bilas. Sneakers membutuhkan perawatan khusus.

Salah mencuci sneakers dapat mengakibatkan tidak bersih, warnanya memudar, bahkan ukurannya menciut. Tidak mau kan sneakers kesayangan Anda bernasib demikian?

Seperti dilansir dari Instyle, Selasa (9/5/2017), berikut trik agar Anda dapat mencuci layaknya seorang profesional. Sneakers pun bersih dan tetap dalam kondisi baik seperti baru. 

1. Lepas tali sepatu
Sebelum mencuci sepatu, pastikan Anda melepas tali sepatu. Tujuannya adalah supaya tali sepatu bisa lebih bersih karena dicuci sendiri. Anda juga lebih leluasa menjangkau sisi-sisi sepatu yang tertutup tali.

2. Sikat sepatu dalam kondisi kering
Ambil sikat lembut dan pelan-pelan sepatu dalam kondisi kering. Debu dan kotoran kering yang ada di sepatu pun dengan mudah lenyap dengan cara ini. Jika Anda tidak melakukan langkah ini dan langsung membasahi sepatu, kotoran akan lebih dalam menempel di permukaan sepatu sehingga lebih sulit dibersihkan.

3. Buat cairan pembersih
Ambil satu mangkok air hangat dan tuangkan beberapa tetes sabun mandi atau detergen lembut, kemudian aduk. Gunakan sikat gigi bekas, masukkan ke dalam cairan dan mulai menyikat sepatu. Terutama bagian selain kanvas jika itu sneakers kanvas.

4. Keringkan dengan handuk microfiber
Setelah proses penyikatan, keringkan dengan handuk berbahan microfiber. Bahan ini dapat menyerap kotoran yang belum hilang setelah proses penyikatan. Anda dapat memberikan sedikit tekanan dengan jari Anda saat mengeringkannya.

5. Sepatu kanvas, gunakan sikat lebih lembut
Bahan kanvas memerlukan perawatan lebih baik. Anda membutuhkan sikat lebih lembut saat menyikat sepatu bahan ini. Menyikat terlalu keras atau dengan sikat yang terlalu kasar dapat menyebabkan kanvas cepat pudar dan rusak.

6. Biarkan kering
Kesalahan terbesar saat mencuci sepatu adalah mengeringkannya dengan hairdryer. Cara terbaik untuk mengeringkan sneakers adalah dengan mengangin-anginkannya di suhu ruang.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini