Sukses

Yuk ke Anambas! Ada Festival Padang Melang, 11-13 Mei 2017

Silakan ke Anambas. Surga kecil di barat Indonesia. Ada Festival Padang Melang pada 11-13 Mei 2017

Liputan6.com, Jakarta Anda sudah pernah berwisata ke pulau tropis terindah se-Asia versi CNN? Nominator Hidden Paradise versi Pesona Indonesia? Ingin menyaksikan festival keren di sana? Bila iya, segera kosongkan jadwal Anda pada 11-13 Mei 2017. Ada Festival Padang Melang 2017 yang siap digelar di sana.

“Silakan ke Anambas. Surga kecil di barat Indonesia. Ada Festival Padang Melang pada 11-13 Mei 2017,” tutur Buralimar, Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Senin (6/5/2017).

Buralimar sangat yakin agenda ini akan memikat banyak wisatawan. Maklum, agendanya digelar di pulau tropis terindah se-Asia versi CNN. Penilaiannya dilakukan dengan sangat detil. Dilakukan superserius dengan melibatkan Herman Ho, managing editor Boath Asia 2012 dan Stuart McDonald yang merupakan pendiri dan editor travelfish.org.

Hasilnya? Pesona keindahan alam Anambas dinilai terbaik di Asia. Posisinya ada di atas Koh Cang (Thailand), Langkawi (Malaysia), Teluk Halong (Vietnam), dan Similand Islands (Thailand). “Bahkan menurut Peter Michael Timmer, seorang berkebangsaan Amerika yang juga pemilik PT. Tembesu Development, Laguna Pulau Bawah adalah salah satu yang terbaik di dunia. Levelnya sekelas Bora-Bora di Tahiti. Kebetulan Peter sudah berpengalaman mengunjungi banyak Laguna di dunia,” tambah Buralimar.

Dua pengakuan dari CNN dan Peter Michael Timmer itu memang sangat beralasan. Pertama, coastal zone atau wisata bentang pantai Anambas sangat oke. Anambas memiliki banyak pulau dengan hamparan pasir putih yang indah. Kedua, under water atau wisata bawah laut yang menjadi obyek wisata selam atau diving dan snorkeling yang keren. Semua sudah kelas dunia. Bump Head Fish, Napoleon, beberapa jenis Manta, dan Whale Shark, ada di sana.

Pecinta big fish, bisa langsung menuju area koral terluar yang berarus kuat. Sedangkan bagi para diver yang berminat menyelam di malam hari, dan menyukai macro photography, bisa mengarahkan pandangan ke lokasi yang sangat dekat dari penginapan hotel.

Satunya lagi, sea zone atau wisata antarpulau yang superkeren. Itu juga bada di Anambas. Di sini para yachters bisa dengan mudah berlayar dari satu pulau ke pulau yang lain. “Anambas punya 238 pulau dengan pantai dan pasir putih yang sangat cantik. Beberapa pulau di antaranya juga terkenal sebagai habitat penyu. Selain itu Anambas juga punya Pulau Bawahn yang terkenal dengan Lagunanya. Airnya berwarna biru jernih. Pemandangan di dasar laguna termasuk ikan-ikan dapat terlihat jelas dari permukaan air,” ungkap Buralimar.

Dengan sejumlah fakta tadi, Buralimar mengaku sangat pede bisa menggiring 5000 wisatawan untuk menyaksikan Festival Padang Melang 2017. Apalagi, lokasi Anambas sangat strategis. Lokasinya yang menjorok ke utara arah Laut Cina Selatan, sangat dekat dengan Pahang dan Terengganu di Malaysia. Jika dibuat direct flight, Anambas juga dekat dengan Ho Chi Minh-Vietnam, Bangkok-Thailand, Kamboja, Laos, dan kota-kota di Semenanjung Malaysia. “Targetnya 5000 wisatawan,” tandas Buralimar.

Yang penasaran, ingin menyimak, silakan ke Anambas, 11-13 Mei nanti. Acaranya dimulai pada libur panjang Nasional. Di tengah puncak bulan purnama, even ini akan akan dimeriahkan dengan pesta Lampion Terbang dan ditutup dengan malam hiburan artis Ibukota. “Acara juga akan diisi dengan berbagai perlombaan olahraga pantai seperti lomba kano, jongkong dan lopek, renang, volly pantai serta permainan rakyat lainnya,” timpal Kadisparbud Anambas, Iwan K Roni.

Selain itu, ada juga Pameran Rumah Budaya, Parade Panggung Budaya, Bazar Kuliner, oleh-oleh dan kerajinan UKM, Pagelaran Kemilau Batik Cual serta Tour de Jemaja Island. Di Tour de Jemaja Island, pengunjung akan dimanjakan dengan kesejukan air terjun Neraja dan Air Biru, ketenangan area persawahan Bukit Padi, keindahan pantai Kusik dan Padang Melang, pesona terumbu karang pulau Ayam, pulau Blusan, pulau Merbak, serta wisata sejarah peninggalan perkampungan Vietnam di pulau Kuku dan pulau Nguan.

“Nanti juga akan digelar Pementasan Tari Gubang, yang melibatkan pemakaian 1000 Topeng Gubang. Di samping itu akan ada pemecahan Rekor MURI untuk pelepasan 5000 ekor Tukik (anak penyu),” tambah Iwan.

Anambas yang ada di Kepri juga terlihat istimewa di mata Menpar Arief Yahya. Arah Kepri ke depan, menurutnya, harus ke pariwisata. Ini inline dengan apa yang dimaui Presiden Joko Widodo akan core economy bangsa Indonesia ke depan.

"Pak Presiden sudah menetapkan DNA Indonesia yang bisa bersaing di global level hanya ada di pariwisata! Paling enak, paling mudah, ikut sama arah yang sedang dituju Presiden, karena pasti sejalan," ujar Menpar Arief Yahya.

Dan kebetulan, Kepri sudah punya modal kuat. Saat ini Kepri top 3 wisman terbesar di Indonesia dengan persentase 20%, setelah Bali 40% dan Jakarta 30%. Selain itu, Kepri juga sudah ditetapkan sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia. Satunya lagi, Kepri juga masuk dalam program crossborder.

“Jadi ini sudah tepat. Mengelar event besar di Anambas yang notabene merupakan pulau tropis terindah se-Asia versi CNN. Setelah arah dipastikan, kerahkan seluruh sumberdaya manusia dan budgeting menuju ke arah tersebut," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.