Sukses

Lakukan Beberapa Hal Ini agar Anggaran Traveling Tak Membengkak

Tak ingin anggaran tiba-tiba membengkak saat traveling? Lakukan beberapa hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat menghitung anggaran untuk traveling tentu saja Anda akan memasukkan pengeluaran besar seperti tiket pesawat, hotel, penyewaan mobil dan sebagainya. Tapi saat Anda berada di lokasi yang Anda tuju tentu saja Anda tidak bisa menghindari pengeluaran yang sebelumnya tidak ada dalam daftar rencana pengeluaran seperti bensin, tol, parkir, dan obat-obatan tak terduga.

Dilansir dari Independent Traveler pada Rabu (10/5/2017) untuk menghindari anggaran yang membengkak ketika liburan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

1. Melakukan riset tentang nilai tukar mata uang.
Ketika berpergian ke luar negeri tentu saja Anda harus membayar dengan mata uang yang berlaku di negara tersebut. Di beberapa negara perubahan nilai mata uang bisa terjadi dalam waktu yang cepat dengan jumlah yang signifikan.

2. Beberapa bank memiliki sistem yang dapat menutup akun seseorang ketika melakukan transaksi di luar negeri, itu terjadi dikarenakan banyaknya hacker yang melakukan carding. Bila Anda tak ingin itu terjadi, ada baiknya Anda memberi tahu pihak bank bahwa Anda akan melakukan liburan ke luar negeri.

3. Jangan mengabaikan biaya bank dan ATM. Saat berpergian ke luar negeri, setiap kali Anda mendapatkan uang tunai dari mesin ATM mungkin Anda akan dikenakan biaya administrasi. Walaupun memang jumlahnya tidak terlalu besar, tetapi bila Anda sering melakukannya itu akan cukup menguras uang Anda. Jadi, Anda perlu merencanakan pengambilan uang di mesin ATM agar tidak terlalu sering menarik uang melalui ATM.

4. Jangan mengubah rencana yang sudah Anda buat, agar biaya tak terduga dapat terhindarkan. Apalagi bila perubahan tersebut tidak dilakukan riset sebelumnya.

5. Perhatikan tempat penyimpanan barang berharga Anda. Ketika berada jauh dari rumah dan Anda tidak mengenal dengan baik destinasi traveling Anda, simpan dompet dan uang tunai yang Anda miliki di tempat yang benar-benar aman. Alokasikan di beberapa tempat penyimpanan. Sehingga ketika Anda mendapatkan musibah seperti pencurian Anda memiliki cadangan untuk mengurus segala sesuatunya.

(Achmad Rully P)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.