Sukses

Ini 8 Barang yang Bisa Dijual Saat Membutuhkan Uang dengan Cepat

Membutuhkan uang dengan cepat? Jual 8 barang berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Pilihan menjual aset sering dilupakan saat membutuhkan uang secara mendadak. Salah satu alasannya, sayang kalau jual barang. Lalu apa opsi yang dipilih? Pinjam uang.

Jangan salah paham. Pinjam uang itu bukan pilihan buruk. Malah banyak pengusaha yang bisa sukses berkat pinjaman modal usaha. Namun tentunya bukan asal pinjam, bisa-bisa malah sudah jatuh tertimpa tangga.

Meminjam dana membutuhkan kejernihan berpikir. Ini yang sering terlewat ketika dalam keadaan kepepet butuh dana segar.

Kenapa tidak mencoba memanfaatkan aset dulu? Opsi menjual aset ini lebih memastikan fondasi keuangan selanjutnya. Sebab, tidak ada tanggungan untuk membayar cicilan rutin. Hidup pun bisa berjalan normal tanpa perlu memikirkan beban pinjaman.

Berikut ini contoh barang yang bisa Anda jual untuk mengatasi kebutuhan dana mendesak seperti dikutip dari DuitPintar.com:

1. Mainan
Jika mengoleksi mainan bernilai tinggi, misalnya action figure, aset itu bisa dijual demi kebutuhan dana. Mungkin bisa pilih mainan yang tidak terlalu langka.

Namun jika dana yang dibutuhkan mengharuskan penjualan koleksi yang paling mahal, apa boleh buat. Contoh mainan lain yang bisa dimanfaatkan adalah Lego, Hot Wheels, dan bahkan boneka Barbie asli.

2. Komik
Suka baca komik? Tidak perlu malu. Malah hobi itu bisa mendatangkan keuntungan ketika sedang butuh dana.

Komik, terutama yang terkenal dan langka, sering diburu kolektor. Bisa dilihat beberapa grup pencinta komik di media sosial. Di sana bisa jual-beli komik dengan harga pantas, bukan standar pasar loak.

3. Perhiasan
Yang satu ini tidak perlu diragukan lagi nilainya, khususnya emas. Emas memang merupakan salah satu alat investasi. Berbentuk batangan atau perhiasan, pasti akan laku di pasaran dan nilainya bisa lebih tinggi ketimbang dulu saat dibeli. Tapi, harus ada sertifikat agar nilainya terdongkrak. Kalau tidak ada sertifikat, bisa dikira curian dan dihargai murah.

4. Jam tangan
Jam tangan premium seperti Hublot, Audemars Piguet, Richard Mille, sampai Rolex juga bisa dijadikan aset investasi. Tidak cuma untuk gaya atau penunjuk waktu.

Namun jam kelas menengah semacam Victorinox atau Vostok juga bisa dijual dengan harga tinggi. Apalagi bila serinya terbilang langka. Hanya, pastikan menjualnya kepada orang yang paham jam, bukan ke pedagang kaki lima.

5. Tas
Sama seperti arloji, tas premium juga bernilai tinggi dan dapat menjadi investasi. Patikan tas tersebut betul-betul branded, bukan barang palsu. Jangan meremehkan hal ini. Bahkan artis saja banyak yang tertipu saat beli tas branded.

6. Sepatu
Bila punya sepatu berkualitas dalam kondisi masih bagus, setidaknya 90 persen, bisa coba dijual. Apalagi yang masih ada boks. Peluang laku dengan harga tinggi lebih besar.

Namun tentunya bukan sembarang sepatu yang bisa dilego dengan harga hampir sama seperti saat beli. Sepatu yang punya pasar bagus dalam kondisi bekas adalah yang berjenis sneakers, terutama yang edisi khusus.

7. Pakaian
Pakaian bekas yang masih pantas pakai pun bisa dijadikan penolong saat butuh dana. Mungkin bisa celana, baju, jaket, rompi, atau apa pun.
Yang pasti, makin bernilai merek pakaian, makin tinggi nilainya meski dijual dalam kondisi bekas. Jangan sumbangkan semua pakaian pantas pakai yang sudah tidak muat, siapa tahu butuh kelak.

8. Alat musik
Menjual alat musik boleh juga, apalagi jika alat itu sering menganggur di rumah. Daripada jadi sarang nyamuk, lebih baik dijadikan uang untuk menutup kebutuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.