Sukses

5 Cara Praktis Atasi Pakaian Kelunturan

Liputan6.com, Jakarta Kesalahan mencuci dapat menyebabkan pakaian kesayangan Anda kelunturan. Misalnya merendam pakaian warna putih bersama pakaian lain yang warnanya luntur.  

Hal ini tentu saja menjengkelkan. Bagaimana tidak, pakaian yang kelunturan akan terlihat sangat aneh saat dipakai. Sebab, warnanya akan belang-belang tidak beraturan.

Namun, jangan buru-buru membuang pakaian kesayangan Anda yang kelunturan. Anda masih dapat melakukan sejumlah cara untuk menyelamatkan pakaian tersebut.

Dilansir dari laman Rewardme, Selasa (9/5/2017), setidaknya ada lima cara yang membuat pakaian kelunturan pantas dipakai lagi. Yuk, simak.

1. Bleach
Jika pakaian Anda berwarna putih, maka cara ini umum dilakukan. Anda tinggal memasukkan pakaian ke dalam air panas dengan cairan beaching non-klorin. Kemudian, cuci dan keringkan secara terpisah dengan pakaian berwarna untuk menghindari cairan bleaching menempel pada pakaian lain.

2. Cuka putih
Tambahkan setengah mangkuk cuka putih dan satu sendok teh detergen pada 2-3 liter air dingin. Asam dari cuka dapat menarik warna yang melunturi pakaian.

1 dari 2 halaman

Pakaian Kelunturan

3. Cairan pembersih jendela
Cara ini terbilang aneh, tetapi cairan pembersih jendela yang berbasis amonia dapat membersihkan noda pada pakaian. Semprotkan pada pakaian, tunggu 15-20 menit, kemudian gosok noda kelunturan dan cuci seperti biasa.

4. Perasan lemon
Cairan ini bersifat asam yang membantu menghilangkan noda. Anda dapat merendam pakaian yang kelunturan di dalam perasan lemon yang sudah dicampur dengan air. Kemudian kucek dengan tangan hingga noda kelunturan hilang. Selanjutnya, cuci terpisah dengan pakaian lain.

5. Alkohol
Oleskan alkohol pada noda kelunturan dan bilas keseluruhan pakaian dalam air dingin. Lalu, cuci pakaian seperti biasa.

 

Artikel Selanjutnya
Aturan Mengenakan Bra yang Harus Diketahui oleh Semua Wanita
Artikel Selanjutnya
Baju Menyusut Setelah Dicuci? Ini Solusinya!