Sukses

Suka Minum Kopi? Menurut Sains, Seharusnya Anda Bisa Lebih Sehat

Ternyata, kebiasaan minum kopi tidak selalu berakibat buruk pada tubuh. Ingin tahu manfaat positif kopi bagi tubuh? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Kopi telah lama menjadi perdebatan, di mana banyak orang mengira bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang paling tidak sehat untuk dikonsumsi secara rutin. Namun, dilansir dari mydomaine.com, Selasa (9/5/2017), Time baru saja melaporkan bahwa saat ini kebiasaan minum kopi dari orang-orang di seluruh dunia justru lebih kuat dari sebelumnya.

Di Amerika, 6 persen orang-orang terbiasa minum setidaknya satu cangkir kopi setiap hari, sebuah persentase yang tidak berubah sejak beberapa dekade yang lalu. Karena hal inilah beberapa studi justru menyoroti dan menemukan bahwa kopi dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung dan memperlambat penuaan.

Time mengumpulkan beberapa hasil penelitian yang beberapa waktu belakangan baru saja dilakukan dan menemukan beberapa alasan mengapa kebiasaan minum kopi dapat membuat Anda memiliki tubuh yang lebih baik dan sehat. Penasaran?

1. Antioksidan
Kopi adalah minuman sumber antioksidan yang baik, dikenal dapat melawan radikal bebas yang berbahaya, yang dapat mempercepat proses penuaan, bahkan penyakit kanker.

2. Diabetes tipe 2
Salah satu studi menemukan bahwa peminum kopi biasa memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2, daripada orang yang tidak minum kopi sama sekali. Kopi memiliki bahan yang dapat memberikan dampak positif pada metabolisme tubuh.

3. Stroke
Dalam penelitian lainnya, peminum kopi berat atau Anda yang bisa minum dua sampai empat cangkir sehari memiliki risiko terkena penyakit stroke lebih rendah, daripada orang lain yang tidak minum kopi.

4. Kematian prematur
Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah menyoroti sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard beberapa waktu belakangan terhadap lebih dari 208.000 individu, bayi dengan seorang ibu peminum kopi cenderung berisiko lebih rendah meninggal secara prematur, daripada individu yang tidak minum kopi sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.