Sukses

6 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Menyetrika Pakaian

Liputan6.com, Jakarta Menyetrika pakaian adalah salah satu cara untuk tampil rapi dan percaya diri. Namun kesalahan kecil saat melakukannya dapat merusak pakaian Anda. Terlebih bagi Anda yang tak terbiasa menyetrika, beberapa kesalahan bisa saja terjadi seperti membiarkan setrika terlalu panas hingga tidak melakukan cara khusus untuk material kain yang tipis.

Agar hal-hal yang buruk tidak terjadi pada pakaian kesayangan Anda, berikut enam kesalahan umum saat menyetrika yang harus dihindari seperti yang dilansir dari situs GoodHouseKeeping, Selasa (9/5/2017).

1. Menyetrika kain yang terlalu kering

Jika Anda memiliki pakaian dengan material yang terlalu kering dan tipis, usahakan untuk menggunakan cairan khusus yang dapat melemaskannya. Sehingga saat disetrika pakaian Anda tidak keriput atau kusut. Anda dapat menyemprotkan pada pakaian terlebih dahulu, kemudian memulai untuk menyetrika.

2. Perhatikan jenis kain pada pakaian

Setrika butuh waktu lebih lama untuk menjadi lebih dingin dibanding panas, jadi Anda dapat memulai dengan bahan yang membutuhkan suhu terendah, seperti poliester dan sutera. Setelah itu lanjutkan dengan busana dengan material katun dan lainnya. Hal ini dapat menghindari kain Anda dari kerusakan.

3. Jangan membersihkan setrika saat panas

Jika Anda menemukan setrika terasa lengket, usahakan untuk tidak membersihkannya dengan menyemprotkan air saat panas. Hal ini dapat merobek pakaian Anda. Bersihkan begian besi menggunakan cairan pembersih besi jika setrika sudah dalam keadaan dingin.

4. Menyimpan air di dalam setrika uap

Selalu kosongkan tangki air setelah selesai menyetrika terutama jika Anda menyimpannya pada ruangan tertentu. Hal ini dapat membuat setrika kelebihan air sehingga mengalami kerusakan bagian dalam.

5. Menggunakan papan setrika yang salah

Papan setrika di desain dengan material dan bentuk tertentu untuk memudahkan Anda. Menggunakan papan setrika yang salah dapat menjadikan hasil yang tidak maksimal. Bahkan tekstur papan setrika yang tidak lembut dapat membuat pakaian kesayangan Anda rusak.

6. Menyetrika kain yang terlalu longgar

Hindari menggunakan setrika uap yang digantung untuk pakaian dengan material berat. Hal ini dapat membuat pakaian kesayangan Anda longgar. Gunakan papan setrika kemudian tarik setrika dengan lembut agar tidak merusak pakaian. Selamat mencoba

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Trik Jitu Atasi Baju Kusut Tanpa Setrika
Artikel Selanjutnya
Cerek di Kamar Hotel Sering Dipakai untuk Mencuci Pakaian Dalam?