Sukses

Trik Mudah Jago Bikin Bento untuk Bekal Anak bagi Pemula

Berikut panduan dan serba-serbi bagi pemula membuat bento untuk bekal ke kantor atau anak sekolah

Liputan6.com, Jakarta Bento merupakan istilah dalam bahasa Jepang untuk bekal makan berupa nasi dan lauknya. Salah satu ciri khas bento yang membuat banyak orang tertarik menikmatinya adalah penyusunan lauk yang unik dan menggugah selera.

Kini banyak bento yang disusun dengan gaya kyaraben. Kyaraben adalah bento yang dibuat menyerupai karakter anime, manga, dan sebagainya.

Untuk membuat kyaraben ini memang membutuhkan waktu lebih lama dari bento jenis biasa. Siapkan waktu sekitar 15 menit untuk mencoba membuat bento untuk kita atau bekal si kecil sekolah dengan memahami teknik dasar membuat bento berikut ini.

1. Bento Box
Kotak makan adalah hal yang terpenting. Pastikan kotak makan kita aman saat menyimpan makanan panas atau dingin. Sehingga tidak akan berbahaya bagi makanan di dalamnya.

2. Silicon Baking Cups
Kalau kita suka membuat kue, maka bisa juga gunakan mangkuk silicon yang biasa dipakai untuk membuat kue. Alat ini berfungsi untuk memisahkan makanan dari satu dengan yang lainnya.

3. Tempat Saus dan Tusukan Berwarna
Tusukan sangat membantu makanan kecil agar tetap tertata rapi. Pilihlah tusukan yang berwarna agar si kecil makin tertarik. Jika ada saus, letakkan juga di tempat terpisah sehingga terpisah dari lauk.

Simak juga beberapa hal dasar untuk membuat bento:

1. Bagi Porsi Makanan
Dengan membagi porsi makanan, akan membantu kita menyeimbangkan bahan makanan. Dalam satu bento setidaknya ada empat tipe makanan yaitu karbohidrat, protein, buah, dan sayur. Rasio untuk makanannya sendiri bisa seperti 4:2:1:1 (karbo:protein:sayur:buah).

2. Pertimbangkan Warna Makanan
Ketika membuat bento, pilihlah warna bahan makanan yang mencolok namun tetap alami. Warna-warna tersebut bisa memberikan daya tarik pada si kecil.

3. Susun Makanan Serapat Mungkin
Agar lauk makanan tidak berantakan, maka susun serapat mungkin. Jadi saat dibuka pada jam makan siang, posisinya tetap sama seperti saat di susun. Triknya seperti ini:

- Susun makanan yang mudah berantakan terlebih dahulu.
- Letakkan makanan yang lebih fleksibel di ruang yang tersisa.
- Tambahkan hiasan pada makanan seperti cherry tomato, brokoli, dan lain-lain.
- Letakkan nasi atau karbohidrat lain.
- Lalu, masukkan protein, seperti telur, tahu, dan ayam.
- Terakhir, baru letakkan sayuran dan buah.

Perlu diingat untuk membuat kyaraben tidak semudah bento biasa, karena kita membutuhkan keahlian dan peralatan yang memadai untuk mencetak bentuk karakter.

Jika ingin mencoba kyaraben maka bisa mencicipinya di Mori Express. Restoran Jepang ini menyajikan makanan Jepang dengan bentuk lucu.

Tak hanya mengandalkan bentuk yang lucu, Mori Express juga mementingkan cita rasa makanan yang lezat dan cocok di lidah siapa pun. Semua makanan yang dibuat Mori Express diolah sendiri bahkan hingga sausnya.

Menu andalan Mori Express di antaranya mini snowcrab roll, salmon aburi don, goku ramen, cute character curry rice, dan masih banyak lagi. Semua menu yang ditawarkan dimasak sesaat setelah kita pesan, jadi sangat segar dan lezat. Dapatkan diskon 35% di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.