Sukses

Periksa 6 Hal Berikut saat Mencari Makeup Foundation yang Tepat

Ingin memiliki produk makeup foundation yang tepat bagi kulit Anda? Simak 6 tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Mewujudkan tampilan kulit wajah mulus tanpa noda, bisa dilakukan dengan memilih makeup foundation yang tepat dan sesuai kondisi kulit wajah Anda. Namun terkadang, untuk menemukan produk foundation yang terbaik bagi wajah tidak muda. Perlu dipastikan terlebih dahulu formula yang tepat bagi kulit agar mendapatkan hasil riasan yang maksimal.

Dilansir dari Seventeen, Minggu (7/05/2017), sebelum membeli foundation baru, Anda bisa mengikuti panduan mudah berikut agar menemukan formula yang tepat untuk kulit Anda.

1. Pilih formula yang dirancang sesuai dengan jenis kulit. Jangan hanya melihat komposisi yang tertera pada botol saja. Jika wajah Anda kering, maka pilihlah foundation cair karena mengandung banyak pelembap dan lembut bagi kulit. Apabila Anda memiliki jenis kulit berminyak, maka gunakanlah powder foundation yang membantu menyerap minyak berlebih dan memberikan hasil matte pada kulit.

2. Lihat komposisi. Apabila Anda memiliki kulit yang berjerawat, maka pilihlah foundation yang mengandung zit-fighting salicylic acid. Sedangkan untuk kondisi kulit kering dan mengelupas, pilihlah produk serum infus yang akan membantu kulit wajah tetap lembap. Apabila Anda ingin menggunakan tabir surya sebelum foundation, maka aplikasikan foundation yang setidaknya memiliki SPF 15 di dalamnya.

3. Tentukan jenis foundation. Apabila Anda hanya ingin mengaplikasikan makeup sehari-hari maka gunakanlah foundation yang cukup ringan, atau pelembap yang berwarna seperti BB cream.

Jika Anda membutuhkan makeup untuk acara formal seperti pesta ataupun undangan lainnya, maka Anda membutuhkan foundation yang cukup tebal untuk menutupi jerawat ataupun noda lainnya pada wajah.

4. Sebelum membeli foundation, Anda bisa mencoba jenis warna yang paling sesuai pada pergelangan tangan. Pilihlah warna yang mendekati warna kulit tangan agar cocok dengan kulit wajah.

5. Untuk memastikan warna yang Anda pilih benar-benar cocok, maka temukan cahaya alami di luar atau di dekat jendela dan oleskan foundation secara langsung pada rahang Anda.

Hal ini akan membantu untuk melihat perbandingan antara warna kulit wajah dengan leher sehingga Anda akan menemukan warna yang benar-benar cocok.

6. Jangan ragu untuk mencampurkan beberapa warna agar Anda mendapatkan produk makeup foundation yang benar-benar cocok dengan kulit. Tambahkan tetesan foundation yang lebih gelap sedikit demi sedikit dengan foundation yang lebih terang. Ulangi beberapa kali sampai Anda benar-benar mendapatkan warna yang sesuai.

*(Latifah Gusri)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.