Sukses

8 Kerajinan Ini Berpeluang Jadi Usaha Rumahan Generasi Milenial

Ubah delapan hobi kerajinan tangan ini menjadi usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan bagi generasi milenial.

Liputan6.com, Jakarta Tak heran kini bisnis rumahan menjadi pilihan generasi milenial untuk menyalurkan hobi dan bakat. Ya, siapa yang tak ingin kerja sesuai hobi dan mempunyai banyak waktu luang? Prinsip itu banyak dipakai generasi milenial yang menginginkan jam kerja fleksibel dan memungkinkan mereka menghabiskan waktu bermain dan memanjakan hobi.

Mereka memutuskan untuk meninggalkan dunia kantoran dan beralih menjadi wirausahawan. Generasi milenial mengubah hobi dan minat menjadi uang dengan kerajinan tangan. Berikut delapan kerajinan tangan yang bisa kita jadikan usaha rumahan seperti dilansir dari lifehack.org, Jumat (5/5/2017)

1. Menempa besi atau pandai besi
Bisa jadi Anda menganggap pandai besi dianggap sebagai profesi kuno, tapi seni tempa dapat digunakan untuk menciptakan lebih banyak produk kekinian. Seperti rak dapur atau pajangan menjadi sebuah karya seni modern.

2. Menjahit

Ilustrasi Foto Menjahit (iStockphoto)

Tidak seperti pandai besi yang peminatnya sangatlah langka, menjahit menjadi hobi favorit. Cosplayer bisa menjadi salah satu pelanggan pertama Anda. Anda hanya perlu untuk menyelesaikan satu atau dua kostum dan memasarkannya lewat media sosial, gratis! Anda juga bisa memikirkan produk alternatif yang mempunyai keunikan untuk menekuni usaha ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Kerajinan Berpeluang jadi Usaha Rumahan ala Generasi Milenial

3. Merajut
Mungkin yang terpikirkan oleh kita saat mengingat kata merajut adalah sweater, kardigan dan topi kupluk. Nah, buatlah inovasi seperti desain yang baru, kantong untuk menyimpan telepon genggam, syal, kaus kaki, dan masih banyak lagi.

4. Kriya Kayu
Lebih mudah daripada kerajinan besi tapi masih menantang untuk dikuasai. Kriya kayu adalah bidang yang bisa dibilang artistik, karena selalu menghadirkan ide-ide baru dan dapat di implementasikan secara modern. Anda bisa membuat sebuah furnitur, miniatur kayu, souvenir dan karya seni lain yang bisa dijual dengan harga tinggi.

5. Kosmetik

Disini disebutkan untuk Anda produk kosmetik apa saja yang Anda harus selalu dinginkan.(foto: Istockphoto)
Kosmetik merupakan pendamping tren hidup masa kini yang sudah ada dari zaman dahulu. Anda pun bisa membuat produk kosmetik dengan cara tradisional atau modern menggunakan mesin. Branding produk “ramah lingkungan” akan membuat langkah awal Anda semakin kuat dan menguntungkan.

Apa saja jenis barang yang dapat Anda buat? Sabun, krim wajah, krim tangan, deodoran, kondisioner, shower gel, gel cukur, makeup, dan minyak esensial. Sangat mudah dan juga hanya membutuhkan investasi besar.

3 dari 3 halaman

8 Kerajinan Berpeluang jadi Usaha Rumahan ala Generasi Milenial

Kriya kulit

Sejumlah tas dan dompet hasil kerajinan bahan dasar kulit ular di bengkel kerja, Cibitung, Jawa Barat, Jumat (24/3). Dompet berbahan kulit ular dibanderol dengan harga Rp175.000-550.000, sedangkan tas Rp 800.000-4.000.000 (Liputan6.com/Gempur M Surya)
Kriya kulit mirip dengan menjahit tetapi membuka berbagai kemungkinan baru. Untuk memulai, kerajinan kulit sangat kompatibel baik dengan menjahit dan merajut. Selain dengan kulit asli, Anda bisa memakai sintetis yang bisa dijual dengan harga lebih terjangkau.

8. Decoupage
Decoupage menjadi hobi dan bisnis populer belakangan ini. Decoupage adalah seni menghias benda dengan cara menempelkan kertas atau kain pada permukaannya. Produknya disukai pecinta fashion karena unik dan bernilai seni. Anda bisa memulainya dengan memakai barang yang sudah tak terpakai dan mengubahnya menjadi kotak aksesori dan alat penyimpanan lain.

(M. Andreas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.