Sukses

Apakah Wawancara Kerjaan Anda Sukses? Ini Tandanya

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan wawancara kerja pada sebuah perusahaan atau instansi, Anda pasti akan menunggu dan bertanya-tanya apakah berjalan sukses atau tidak. Anda juga pasti akan mengira-ngira apakah Anda akan lolos dan diterima bekerja di kantor tersebut atau tidak.

Saat melakukan wawancara kerja pasti kita akan melakukan yang terbaik, namun agar Anda tidak menerka dengan harap-harap cemas, berikut adalah tanda-tanda yang bisa Anda lihat bila wawancara kerja terbilang sukses, seperti dilansir dari femalenetwork.com, Kamis (4/5/2017).

Ditanya gaji secara detil
Bila Anda ditanya tentang gaji yang Anda diterima di perusahaan sebelumnya ini merupakan pertanda baik. Bukan hanya nominal gaji pokok, tapi juga termasuk bonus, tunjangan, asuransi kesehatan dan lain-lain. Pertanyaan ini kemungkinan karena kantor tersebut ingin mengetahui berapa banyak kompensasi yang layak Anda dapatkan jika nanti resmi bekerja di perusahaan mereka.

Untuk menjawab pertanyaan ini, cobalah untuk jujur tentang gaji Anda sebelumnya. Jika ditanya tentang kisaran gaji yang Anda inginkan, sebaiknya sebelum wawancara Anda telah mencari tahu referensi gaji untuk posisi yang Anda impikan tersebut.

1 dari 3 halaman

Diberitahu proses perekrutan

Pewawancara memberitahu Anda keseluruhan proses perekrutan yang harus Anda jalani. Mereka juga memberitahu tentang time-line perekrutan, seperti berapa banyak tahap yang akan dilalui dan jadwal pelaksanaannya. Anda juga diberi tahu jika lolos ke tahap selanjutnya, Anda akan dihubungi kembali.

Diberitahu budaya perusahaan
Mendiskusikan tentang budaya perusahaan berarti pewawancara ingin memberikan Anda gambaran bagaimana kehidupan kerja Anda nantinya jika bergabung dengan perusahaan ini.

Hal itu dilakukan agar Anda sedini mungkin bisa beradaptasi dengan kondisi, lingkungan, dan budaya perusahaan. Dalam merekrut pegawai, perusahaan sebenarnya tidak hanya mencari kandidat berdasarkan kemampuannya sesuai, namun juga mencari sosok yang tepat dengan budaya perusahaan.

2 dari 3 halaman

Ditanya kapan bisa mulai bekerja

Jika Anda ditanya kapan bisa mulai bekerja, hal tersebut merupakan sinyal positif. Pihak HRD sebenarnya sedang berusaha mencocokkan jadwal yang sesuai dengan kesiapan memulai kerja. Hal ini penting karena bisa saja Anda sangat tepat menempati posisi yang Anda lamar, namun jika jadwal Anda tidak cocok dengan kebutuhan perusahaan, hal tersebut bisa jadi kendala.

Diberitahu detil pekerjaan
Saat wawancara kerja, Anda diberi tahu detil pekerjaan yang akan Anda tangani nanti, termasuk tanggung jawab apa saja yang akan Anda emban. Apalagi jika Anda diberi kesempatan untuk diperkenalkan dengan tim atau rekan-rekan kerja, Anda dipastikan lolos dan diterima kerja.

Ana Fauziyah

Artikel Selanjutnya
4 Trik Enyahkan Rasa Malas
Artikel Selanjutnya
7 Tips Percaya Diri Saat Kencan Pertama