Sukses

Cara Asyik agar Akhir Pekan Lebih Produktif

Ingin membuat akhir pekan menjadi lebih produktif? Ini caranya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak pekerja kantoran dengan segudang aktivitas padat dari Senin sampai dengan Jumat, akhir pekan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu. Jangan sampai akhir pekan Anda berlalu begitu saja tanpa Anda sempat menikmatinya.

Pastikan Anda melakukan kegiatan yang mengasyikkan di hari Sabtu hingga Minggu, sehingga tubuh dan pikiran kembali segar untuk menyambut lima hari kerja selanjutnya.

Bagaimana cara mengisi akhir pekan dengan aktivitas asyik dan produktif? Intip beberapa tips seperti yang dilansir dari rd.com, Jumat (5/5/2017) berikut ini.

Buat rencana matang
Merencanakan kegiatan akhir pekan lebih dulu akan membuat Anda antusias. Sebelum akhir pekan datang, buatlah daftar kegiatan mengasyikkan yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa memeriksa jadwal kegiatan di galeri seni atau gedung pertunjukan.

Siapa tahu ada acara yang menarik minat Anda. Anda juga bisa mengintip jadwal kegiatan sosial, kelas yoga, dan lain-lain. Dengan merencanakannya terlebih dahulu, Anda dapat menghindari kemungkinan jadwal menumpuk dengan acara keluarga atau acara lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lakukan olahraga di pagi hari

Setelah berhari-hari harus memaksakan bangun pagi untuk berangkat ke kantor, Anda mungkin ingin membalas dendam dengan menambah jam tidur di pagi hari. Hal tersebut sah-sah saja, namun jika Anda ingin lebih produktif selama hari libur bangunlah lebih pagi dan lakukan olahraga.

Anda bisa berjalan santai mengelilingi kompleks, lari pagi, atau melakukan senam aerobik. Berolahraga merupakan hal yang sulit dilakukan saat hari kerja, sempatkan berolahraga di akhir pekan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

3 dari 5 halaman

Buatlah rutinitas bersama keluarga

Keluarga yang bahagia biasanya memiliki rutinitas untuk dilakukan saat hari libur. Anda tidak perlu membuat kegiatan yang menghabiskan banyak uang, cukup lakukan hal-hal sederhana bersama keluarga Anda.

Misalnya berkebun, memasak, bermain catur, dan lain-lain. Lakukan kegiatan tersebut secara rutin sehingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan tersebut nantinya akan menjadi memori yang menyenangkan.

4 dari 5 halaman

Jangan lupa tidur siang

Bukan hanya bayi yang harus tidur siang. Anda juga berhak mendapatkan tidur yang berkualitas di waktu siang, di mana hal tersebut adalah mustahil untuk Anda lakukan saat hari kerja. Sediakan waktu selama satu jam untuk beristirahat.

5 dari 5 halaman

Bebaskan diri dari gawai


Gawai telah menjadi fokus utama individu di era ini, bahkan membuat terlena dan melupakan kedekatan bersama keluarga. Letakkan gawai Anda saat akhir pekan dan beri waktu berkualitas bagi pasangan dan anak-anak Anda.

Lakukan kegiatan menyenangkan yang tidak melibatkan gawai seperti membaca buku, mendongeng, bermain badminton, atau bercanda bersama keluarga. Ingatlah bahwa kedekatan emosi tidak bisa dibangun dengan sambungan Wifi dan emoticon, namun dengan canda tawa dan senyum di wajah.

Ana Fauziyah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.