Sukses

Dukung Mekaki Marathon 2017, Kemenpar Ingin Lombok Barat Dikenal

Kemenpar kembali mendukung event sport tourism, Mekaki Marathon 2017.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali mendukung event sport tourism. Ajang yang disupport adalah Mekaki Marathon yang dihelat 30 April 2017 di kawasan Teluk Mekaki, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ada empat kategori yang akan dilombakan di Mekaki Marathon. Keempatnya adalah full marathon, half marathon, 10K dan 5K. Mekaki Marathon nantinya juga akan diramaikan oleh beberapa publik figur, seperti Chicco Jerikho, Wulan Guritno, Julia Estelle, Fajar "Alexa", Shalom Razade, Lukman Sardi, sutradara Robby Ertanto. Sementara, para tokoh yang juga akan berlari dan juga meramaikan Mekaki Marathon antara lain Menpora Imam Nahrowi, Gubernur Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB).

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty mengungkap, Kementerian Pariwisata saat ini terus memberikan perhatian untuk pengembangan wisata di daerah-daerah yang memiliki potensi besar seperti Lombok.

Esthy mengutip kata-kata Menpar Arief Yahya, bahwa wisata olahraga atau sport tourism diyakini bisa jadi ajang promosi Indonesia kepada para wisnus maupun mancanegara. Pasalnya, beberapa acara wisata olahraga di Indonesia telah banyak diselenggarakan di berbagai daerah untuk mempromosikan daerah.

"Sport tourism ini cukup potensial. Trennya terus meningkat, semakin banyak acara sport tourism yang diselenggarakan di banyak destinasi wisata di Tanah Air," kata Esthy saat konferensi pers terkait Mekaki Marathon 2017 di kawasan Senayan, Jumat (21/4).

Roseno menambahkan, setiap daerah di Indonesia memiliki daya pikat masing-masing, dan semuanya bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata. “Event Mekaki Marathon ini terobosan positif untuk mengembangkan wisata Lombok Barat. Kita harapkan ini dapat mendorong ekonomi daerah bisa berkembang," kata Raseno.

Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid mengatakan, event yang digarap dengan apik oleh tim Tempo Media ini akan memberikan pengalaman berbeda bagi para pesertanya. Selain beradu cepat, para pelari nantinya bakal dimanjakan dengan pesona keindahan pemandangan di kawasan Teluk Mekaki.

Peserta akan melewati hutan, perkampungan, pinggiran pantai dengan gili-gili yang berjejer, serta perbukitan. Setelah kelelahan berlari, peserta Mekaki Marathon akan disambut indahnya Teluk Mekaki di garis finish.

"Lombok Barat punya banyak potensi wisatanya, tidak hanya Senggigi. Nanti peserta juga akan melewati beberapa spot wisata seperti Sekotong," ujar Fauzan.

Kuota peserta yang disediakan panitia sebanyak 2.000 pelari. Saat ini kuota sudah terpenuhi. Namun, Fauzan mengungkapkan antusias masih tinggi karena masih banyak yang mendaftarkan diri.

"Pesertanya sudah mencapai yang ditargetkan yaitu 2000 peserta. Kita belum memutuskan unyuk menambahnya meski pendaftaf masih terus berdatangan. Ini bukti kalau masyarakat Indonesia sudah melek marathon," ungkap Fauzan.

Akbar yang mewakili DnD Race Management selaku panitia menjelaskan, selain didukung Kemenpar dan Bank BRI, event Mekaki Marathon ini juga bekerjasama dengan maskapai Citilink dan hotel-hotel besar di Lombok Barat.

"Jadi peserta tidak perlu khawatir untuk akomodasi. Ada banyak pilihan dengan harga yang spesial. Selain itu, peserta tidak perlu kawatir menuju lokasi, karena akan disediakan fasilitas penjemputan gratis untuk seluruh peserta. Titik penjemputan ada di Mataram, Senggigi, Lembar dan Sekotong," tukas Akbar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini