Sukses

5 Hal yang Terjadi pada Tubuh saat Konsumsi Kafein

Liputan6.com, Jakarta Kafein merupakan zat yang sering kita temui dalam beberapa jenis minuman. Teh dan kopi merupakan jenis minuman yang mengandung kafein dan paling sering dikonsumsi sehari-hari.

Lalu apa yang terjadi pada tubuh saat kita mengonsumsi kafein? Seperti yang dilansir dari careerdaily.com, ternyata ada lima efek dalam tubuh saat mengonsumsi kafein. Penasaran apa saja?

1. Membantu tetap aktif dan waspada
Ya, kafein memang dapat membatu Anda tetap terjaga dan waspada. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih mengonsumsi kopi untuk membangkitkan semangat setiap pagi. Jika dikonsumsi dalam dosis rendah, kafein mampu membuat kita semangat dan terjaga. Akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan, maka perasaan berdebar hingga cemas juga bisa Anda rasakan.

2. Meminimalisir terjadinya kanker payudara
Sebuah penelitian di Swedia menemukan bahwa, para wanita pasca menoupause dan juga peminum kopi aktif akan mengalami penurunan resiko terjadinya kanker payudara. Begitu juga dengan para wanita pra-menopause.

3. Mempengaruhi kesehatan jantung
Zat yang terkandung dalam kafein kaya akan anti oksidan. Hal ini mampu bekerja efektif pada peredaran darah sekaligus meningkatkan kesehatan jantung Anda.

4. Membuat tubuh dehidrasi
Kopi bersifat diuretik yang dapat membuat respon otak untuk menjauhi air. Jadi saat mengonsumsi kopi, pastikan untuk minum air putih yang banyak untuk menghindari terjadinya dehidrasi dalam tubuh.

5. Menimbulkan rasa cemas
Mengonsumsi kafein mampu menciptakan reaksi gugup pada tubuh. Hal ini diakibatkan oleh sinyal yang dikirimkan oleh kafein yang mampu merubah mood Anda.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini