Sukses

Situs Warungboto, Tempat Istirahat Sultan yang Jadi Tujuan Wisata

Liputan6.com, Jakarta Situs Warungboto yang ada di Jl. Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi pilihan warga untuk berwisata. Bahkan situs yang dikenal dengan sebutan pesanggrahan Rejowinangun itu, kini mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Agus Eko Suranto juru pelihara Situs Warungboto mengatakan bahwa situs ini setiap harinya mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal. Kebanyakan wisatawan lokal ini dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang menikmati sisa-sisa peninggalan sejarah di situs ini. Jika dihitung setiap harinya ada puluhan wisatawan yang datang ke sini.

Napak tilas tempat peristirahatan Sultan di situs Warungbroto, Yogyakarta.

"Kapan ya yang jelas bulan Desember 2016 lalu kita sudah mulai buka untuk wisatanya. Pengunjung yang datang kebanyakan wisatawan domestik dan pelajar," ujarnya Selasa 18 April 2017.

Yang menarik dari situs ini adalah karena bentuk bangunannya yang unik. Pesanggrahan yang dibangun era HB II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam.

"Yang di sana dulunya merupakan tempat buat istirahat kerabat Kraton Yogyakarta. Ada kolamnya," ujarnya.

Sementara itu salah satu pengunjung situs Warungboto yaitu Mariska Dewi Widowati mengatakan ia bersama teman-temannya sengaja melihat situs ini karena arsitekturnya yang unik. Ia mengagumi bentuk bangunan ini sehingga mengabadikan bangunan ini.

"Baru pertama kali ini datang ke sini. Bangunan seperti ini sangat artistik dan bagus untuk latar foto. Namun masih sangat disayangkan karena kurangnya perawatan." ujarnya.

Napak tilas tempat peristirahatan Sultan di situs Warungbroto, Yogyakarta.

Mariska mengatakan, ia sudah memutari bangunan ini. Walaupun cuaca terik, namun Anda bisa mengelilingi bagian dalam situs untuk menghindari sengatan matahari. Ia meminta kepada pengurus situs ini untuk memberikan informasi di setiap ruangan yang ada.

"Ya kita tahu ini era HB II, tapi petunjuk ruangan ini dulu dipakai untuk apa? Kurang jelas. Tidak ada keterangannya," ujarnya.

Walaupun ada kekurangan, namun situs ini tidak membuat wisatawan kecewa. Menurutnya situs Warungbroto di Yogyakarta ini mulai ramai dikunjungi wisatawan sejak dibuka untuk umum.

(Yanuar H)

Artikel Selanjutnya
4 Hal Seru yang Bisa Dilakukan Saat Libur Hari Kemerdekaan
Artikel Selanjutnya
Tips Cari Penginapan yang Pas saat Traveling ke Kuala Lumpur