Sukses

Ini 26 Rahasianya buat Rumah Jadi Tempat Perawatan Diri Sendiri

Ternyata, rumah bisa menjadi tempat untuk merawat diri sendiri dengan beberapa cara di bawah ini. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Rumah seharusnya menjadi tempat pulang bagi siapa saja yang telah lelah menjalani aktivitas sepanjang hari di luar. Namun, tidak jarang banyak orang justru merasa stres berada di rumah.

Kabar baiknya, sekarang Anda tidak perlu lagi memesan liburan mahal keluar kota atau keluar negeri untuk menghilangkan penat. Anda bisa melakukannya di rumah sendiri.

Ya, dilansir dari purewow.com, Selasa (25/4/2017), berikut ini adalah beberapa rahasia menjadikan rumah sebagai tempat perawatan diri sendiri. Penasaran?

1. Buat pintu masuk sebagai tempat yang indah
Kesan pertama pada keadaan rumah terletak di pintu masuknya. Ketika Anda memiliki pintu masuk yang indah, ini akan memberi sinyal pada otak bahwa ruangan di dalamnya aman.

2. Tambahkan cahaya lilin aromaterapi di setiap ruangan
Aroma yang keluar dari lilin aromaterapi dapat menjadi pilihan yang baik untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda, seperti aroma lavender, rose, dan vanilla.

3. Bunga yang segar
Bahkan bunga mawar segar di sebuah vas yang sangat murah sekalipun dapat memberikan dampak besar bagi visual, maupun aromatik.

4. Tanaman hidup
Tanaman hijau dapat membangkitkan ketenangan alami dari pikiran dan tubuh Anda. Selain itu, tanaman hidup juga dapat memurnikan udara di dalam rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bersihkan jendela

5. Bersihkan jendela
Jendela yang bersih dapat membiarkan cahaya matahari masuk lebih baik.

6. Beri celah pada gorden
Jangan selalu tutup gorden rumah Anda, biarkan ia terbuka hingga cahaya matahari masuk dan menghangatkan rumah.

7. Buka jendela
Ingin lebih berinteraksi dengan alam? Tidak hanya membuka gorden, bukalah jendela rumah, agar ada udara segar yang masuk.

8. Pilih cat dinding berwarna terang dan menenangkan
Contohnya adalah warna biru, putih hangat, atau abu-abu.

3 dari 6 halaman

Pencahayaan ruangan

9. Pilih pencahayaan ruangan yang paling alami
Ketika memberi pencahayaan pada ruangan di rumah, cobalah memilih terang lampu yang paling alami, menyerupai sinar matahari.

10. Hiasan
Beri sentuhan hiasan di ruangan yang akan paling sering Anda gunakan. Setidaknya ada bentuk dan warna yang berbeda ketika berada di dalamnya.

11. Bereskan sudut yang berantakan
Setiap orang pasti memiliki sudut ruangan atau rumah yang berisi sampah. Bersihkan sudut ini untuk mengurangi tekanan visual di dalam rumah Anda.

12. Buang barang yang memberi emosi negatif
Apapun itu, yang ketika Anda melihatnya, Anda justru merasa sedih atau teringat sesuatu yang memperburuk suasana hati. Ini saatnya bagi Anda untuk membuang semua barang-barang tersebut.

4 dari 6 halaman

Frame foto

13. Beri frame pada foto kenangan
Tidak ada alasan bagi banyak foto-foto kenangan untuk terus menerus ada di album. Jika foto tersebut memiliki makna bagi Anda, berikan frame untuknya.

14. Karya seni
Gantunglah atau letakkan karya seni yang bisa membuat perasaan Anda senang ketika melihatnya, apapun itu.

15. Bantal
Bantal mengambil peranan penting bagi kehidupan Anda di rumah, jadi pikirkan baik-baik ketika Anda ingin membeli bantal.

16. Selimut
Carilah selimut yang benar-benar dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan ketika digunakan.

5 dari 6 halaman

Sprei

17. Sprei
Sprei juga harus dipikirkan baik-baik. Setelah menjalani hari yang panjang dan melelahkan, Anda tentu ingin melihat tempat tidur yang nyaman dan baik, lengkap dengan bantal, selimut, dan spreinya.

18. Karpet
Karpet juga bisa memberikan rasa nyaman tertentu di dalam rumah Anda.

19. Kursi atau sofa
Pilihlah sebuah kursi atau sofa yang paling nyaman, jika Anda banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

20. Handuk
Setelah beraktivitas sepanjang hari, mandi air panas adalah hal terbaik yang bisa Anda lakukan. Jadi, hal-hal yang berhubungan dengan ritual mandi juga harus dipikirkan baik-baik, salah satunya adalah handuk.

6 dari 6 halaman

Shower

21. Shower
Ya, shower adalah hal terbaik saat mandi yang bisa Anda dapatkan.

22. Tambahkan fasilitas di kamar mandi
Apapun yang bisa membuat Anda semakin nyaman saat mandi, seperti bangku dan meja kecil.

23. Buat sebuah ruangan hanya untuk Anda
Entah itu ada di sudut jendela dengan kursi baca yang nyaman atau mengubah lemari menjadi sudut baca yang bisa digunakan terus menerus.

24. Masukkan elemen alami
Seperti rotan, kayu, batu, dan kerang hiasan akan menambah kesan alami pada dekorasi rumah Anda.

25. Sisihkan zona kerja
Buat sendiri ruang kerja Anda, jangan bekerja di kamar tidur atau ruang keluarga. Ini akan membuat rumah bebas dari stres.

26. Hindari meletakkan alat eletronik di kamar tidur
Apapun itu bentuknya, TV atau ponsel sekalipun. Meletakkan alat elektronik di dalam kamar tidur hanya akan menambah rasa stres dan cemas di tempat yang seharusnya Anda bisa beristirahat di dalam rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.