Sukses

Makanan yang Tepat untuk Turunkan Berat Badan Sesuai Bentuk Tubuh

Saatnya Anda memilih makanan apa yang tepat untuk turunkan berat badan sesuai bentuk tubuh, sehingga tetap sehat dan bugar.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai bentuk tubuh wanita itu unik dan indah. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa setiap orang menyimpan lemak di bagian tubuh tertentu? Misalnya saja ada beberapa wanita yang memiliki kecenderungan untuk mendapatkan lemak berlebih di bagian perut, sekitar pinggul atau paha mereka.

Inilah yang membuat setiap tubuh wanita memiliki area “masalah” untuk menurunkan berat badan berdasarkan bentuk tubuh. Melansir dari Bright Side, Selasa (25/4/2017) saatnya Anda memilih makanan apa yang tepat untuk turunkan berat badan sesuai bentuk tubuh, sehingga tetap sehat dan bugar.

1. Rectangle atau tubuh lurus
Bentuk tubuh ini memiliki ciri khas pinggul dan pinggang yang sama ukurannya atau sempit. Berat badan Anda cenderung tidak gampang naik, oleh karena itu Anda tetap harus mengonsumsi makanan dengan lemak sehat, seperti alpukat, almond dan ikan salmon. Selain itu, Anda pun perlu menambahkan protein nabati dalam makanan Anda.

Perlu diingat bahwa seberapa kurusnya Anda, tetap harus mengikuti diet yang sehat dengan tidak terlalu banyak makan makanan manis dan siap saji.

2. Tubuh apel

Jika Anda memiliki bentuk tubuh seperti ini, Anda cenderung memiliki tambahan lemak di bagian tengah tubuh Anda, seperti perut. Lakukan diet yang sempurna dengan cara makan dengan porsi sedikit, namun sering. Misalnya makan enam kali sehari dengan porsi makan yang sedikit.

Konsumsilah makanan yang kaya serat, buah, sayuran, vitamin C dan susu rendah lemak. Jika ingin makan yogurt, pastikan yang dapat membantu mengatur pencernaan Anda dengan baik. Hindari juga makanan yang banyak menghasilkan gas dan pembengkakan seperti makanan cepat saji, roti dan kubis.

3. Tubuh pir

Tubuh berbentuk pir ditandai dengan bentuk pinggul yang jauh lebih besar daripada bagian dada. Orang dengan bentuk tubuh ini cenderung memiliki berat badan tambahan di sekitar pinggul dan paha. Cobalah mengonsumsi daging, ikan, telur, produk susu dan makanan dengan kadar protein tinggi.

Buah-buahan seperti semangka dan nanas juga sangat bagus untuk membersihkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh yang menghambat metabolisme tubuh. Anda pun dapat mengombinasikannya dengan teh herbal seperti teh hijau.

Hindari juga makanan yang tinggi sodium. Dengan kata lain, kurangilah asupan garam dan hindari makanan olahan seperti roti, mi dan nasi.

4. Tubuh jam pasir

Bentuk tubuh ini bisa dibilang merupakan bentuk tubuh yang paling sempurna dan diidamkan para wanita. Namun, tak berarti bentuk tubuh ini juga tak memiliki lemak, justru lemak pada bentuk tubuh jam pasir merata di seluruh tubuh dan kurang memiliki otot.

Anda pun berisiko lebih tinggi untuk memiliki kadar gula darah tinggi, jadi dianjurkan untuk memilih makanan dengan indeks glisemik rendah dan makan lima sampai enam makanan kecil setiap hari. Makanlah lebih banyak buah dan sayuran segar serta konsumsi lebih banyak lemak sehat dan protein tanpa lemak.

Hindari makanan olahan seperti roti tawar putih, mi dan nasi. Dan ingatlah bahwa Anda dapat menggantinya dengan porsi makanan utuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini