Sukses

5 Mitos Tentang Tabir Surya yang Tak Harus Dipercaya

Ketahui beberapa mitos tentang tabir surya yang tak perlu Anda percaya.

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas menjadi hal terpenting untuk melindungi kulit dari bahayanya sinar matahari. Selain melindungi kulit dari kerusakan, menggunakan tabir surya juga dapat mencegah kanker kulit. Namun, masih banyak beberapa mitos tentang tabir surya yang menimbulkan kesalahpahaman. Seperti yang dilansir dari Boldsky, Kamis (29/6/2017) ada beberapa mitos dari tabir surya yang harus Anda berhenti percaya mulai sekarang.


1. Menerapkan tabir surya sebelum beraktivitas

Tabir surya dapat melindungi kulit wajah dan tubuh dari kerusakan. Kebanyakan orang menerapkan tabir surya sambil bersiap-siap sebelum keluar rumah. Padahal waktu terbaik menerapkan tabir surya adalah 20 menit sebelum pergi keluar rumah. 

2. Tabir surya tahan air

Tabir surya yang tahan air dipercaya dapat melindungi kulit serta tidak mudah luntur sepanjang hari. Tapi kenyataannya tabir surya tahan air juga dapat mudah hilang terkena keringat atau ketika dibasuh dengan air. Namun, tabir surya tahan air lebih tahan lama dibandingkan tabir surya biasa.

3. Tabir surya melindungi kulit Anda sepanjang hari

Tidak peduli apa merek dan kualitasnya, tabir surya tetap tidak akan bertahan lama lebih dari 3 jam. Anda tetap harus menggunakan kembali tabir surya setelah 3 jam. Kembali menerapkan tabir surya dapat membantu untuk memberikan perlindungan yang lebih baik untuk kulit.

4. Orang dengan warna kulit gelap tidak harus menerapkan tabir surya

Orang yang berkulit gelap tak harus menggunakan tabir surya. Padahal faktanya tabir surya tidak menjadikan kulit menjadi lebih putih, hanya dapat membantu melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya. Tidak peduli apa warna kulit Anda, harus selalu menerapkan tabir surya untuk mencegah kulit terbakar dan kanker kulit.

5. Tidak harus mengenakan tabir surya sebelum menerapkan makeup

Faktanya, Anda tetap harus menggunakan tabir surya sebelum mengaplikasikan makeup. Tabir surya juga dapat membantu membuat makeup tahan lebih lama. Namun, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan tekstur yang ringan agar tidak menyumbat pori-pori.

Ine Yulita sari

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.