Sukses

Mengenal Warisan Budaya dengan Cara yang Seru dan Menyenangkan

Sobat Budaya berkolaborasi dengan Starbucks Indonesia melaksanakan Global Month of Service (GMoS).

Liputan6.com, Jakarta Sebuah komunitas pemuda yang berupaya dalam melestarikan budaya Indoneisa, Sobat Budaya berkolaborasi dengan Starbucks Indonesia melaksanakan Global Month of Service (GMoS). Acara ini dilaksanakan serentak di 6 kota, Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Surabaya dan Bali dengan tema “Experience and Live Your Culture Every day.”

Melalui Global Month of Service, Sobat Budaya bersama Starbucks Indonesia berupaya mengenalkan warisan budaya dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Salah satunya dengan workshop membatik. 300 orang peserta dari 6 kota yang mengikuti Global Month of Service berkesempatan langsung untuk bisa mendapatkan pengalaman mencanting batik.

Untuk mengilustrasikan batik dengan aspek budaya modern, proses membatik dan karya batik itu pun disetarakan dengan lagu-lagu musik jazz. Saat membawakan sebuah lagu, musisi jazz memperlakukan lagu tersebut seperti “klowong”, sebuah desain besar akan pesan umum yang ingin disampaikan. Namun saat ia membawakan sebuah lagu, ia sendiri akan mengisi ruang-ruang nada dan irama seperti apa yang ia rasakan sendiri.

Mengenal Warisan Budaya dengan Cara yang Seru dan Menyenangkan (Foto: Sobat Budaya)

Selain workshop membatik, menari dan alat musik, para pengurus dan juga anggota yang tergabung di dalam yayasan Sobat Budaya di 6 kota juga akan berbagi tentang pengetahuan sains budaya yang tersimpan dalam kekayaan budaya tradisi di Nusantara.

Pengetahuan sains budaya yang telah dituliskan dalam buku “Kode-Kode Nusantara: Telaah Sains Mutakhir atas Jejak-Jejak Tradisi di Kepulauan Indonesia” akan dibagikan secara ringan kepada peserta Global Month of Service di berbagai kota.

“Kami senang sekali bisa berkolaborasi dengan Starbucks Indonesia dalam merayakan keberagaman budaya tradisi Indonesia melalui kegiatan Global Month of Service. Perayaan ini lantas meningkatkan semangat pendataan budaya di kalangan anak-anak muda. Kegiatan ini juga menjadi momen dan peluang untuk penyebaran informasi dan pengetahuan #KodeNusantara yang tersembunyi di balik kekayaan budaya tradisi di Nusantara,” ujar Siti Wulandari, Ketua Yayasan Sobat Budaya.

Anthony Cottan, Direktur Starbucks Indonesia pun menambahkan, “Kami sangat senang menggandeng Sobat Budaya dalam mempromosikan warisan budaya Indonesia yang begitu beragam."

Melalui Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi anak muda untuk mencintai dan mengenal lebih dekat warisan budaya bangsa dengan cara yang menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini