Sukses

10 Tips Relaksasi Sebelum Tidur di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Tidur nyenyak di malam hari bisa menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang, mungkin juga termasuk Anda. Faktanya, jika tidur malam Anda tidak terasa nyenyak, bisa karena otak dan tubuh belum siap.

Dilansir dari popsugar.com, Jumat (21/4/2017), berikut ini adalah beberapa tips relaksasi sebelum tidur di malam hari, agar tubuh mengetahui sirkulasi waktu yang tepat. Penasaran? Simak di sini.

1. Mandi air panas
Luangkan beberapa waktu untuk mandi air panas secara rutin. Anda bisa melakukan ritual ini dengan lulur, kondisioner rambut, atau perawatan lainnya.

2. Mematikan gadget
Apa yang biasanya Anda lakukan sebelum tidur? Apakah scrolling Instagram? Scrolling Instagram sebelum tidur akan menstimulasi otak untuk tetap bekerja, walaupun Anda telah mematikan gadget. Anda disarankan untuk mematikan gadget 20 menit sebelum tidur di malam hari.

3. Peregangan
Tenangkan pikiran dan tubuh Anda dengan melakukan serangkaian gerakan yoga.

4. Membaca
Lebih baik membaca buku, daripada harus menyalakan gadget sebelum tidur. Membaca buku lebih mungkin membuat Anda ngantuk.

5. Mendengarkan musik
Carilah musik-musik yang bisa memberikan Anda efek menenangkan pada tubuh dan pikiran sebelum tidur.

6. Menulis jurnal
Menulis adalah cara terbaik untuk mengurangi stres dan kepenatan setelah beraktivitas seharian. Tuliskan tentang kekhawatiran yang Anda alami hari itu atau sekedar menuliskan apa yang terjadi.

7. Melatih pernapasan
Matikan semua lampu yang ada, berbaringlah di tempat tidur, dan cobalah melatih pernapasan dengan teknik 4-7-8 yang bisa membantu Anda untuk cepat tidur.

8. Cobalah memasang aromaterapi
Tambahkan beberapa tetes minyak esensial, seperti lavender atau chamomile untuk membantu Anda merasa lebih santai dan mengurangi stres.

9. Berpelukan
Buat tidur malam hari Anda lebih nyaman bersama pasangan, seperti dengan berpelukan atau mengobrol sambil berbaring sebelum tidur.

10. Minum teh herbal
Teh hijau atau teh herbal memiliki kandungan kafein yang bisa menjadi alternatif untuk tidur lebih cepat di malam hari. Jika sulit menemukan teh ini, Anda bisa menggantinya dengan secangkir chamomile, peppermint, atau susu hangat sebelum tidur.

Artikel Selanjutnya
Liburan di Hotel? Pertimbangkan Ini Sebelum Gunakan Layanan Kamar
Artikel Selanjutnya
Ketahui Manfaat Tidur di Akhir Pekan